Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 26 Jul 2020 - 16:41:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Cegah Malapetaka dan Tirani Penguasa, Azmi Dorong Profesi Advokat Luruskan Penegakan Hukum

tscom_news_photo_1595756476.jpg
Azmi Syahputra (berdiri di depan) Saat Memberikan Materi Hukum Dalam Kelas Pendidikan Profesi Advokat di Universitas Bandar Lampung (Sumber foto : Hendra, PIC Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Bandar Lampung)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Dosen Hukum Pidana dari Universitas Bung Karno (UBK) Azmi Syahputra mendorong agar para Advokat ikut ambil bagian dalam mengisi pembangunan bangsa. Advokat harus maju kedepan meluruskan penegakan hukum di Indonesia.

Demikian disampaikan Azmi saat menjadi salah satu pengajar pada kegiatan pendidikan profesi Advokat yang diselenggarakan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dan Peradi Cabang Bandar Lampung di Gedung Pascasaraja Universitas Bandar Lampung, Sabtu (25/7).

"Karena jika tidak segera dibenahi wajah penegakan hukum sampai pada titik jika tidak terkontrol lagi arah penegakan hukum, suatu saat dapat menimbulkan malapetaka pada kehidupan hukum kita, yaitu tirani penguasa dan lari dari tujuan hukum yaitu ketidakpastian hukum dan jauh dari rasa keadilan sosial," tegas Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) itu dalam keterangan tertulis, Minggu (26/07/2020).

Lebih lanjut Azmi mengatakan, advokat sebagai salah satu unsur penegak hukum dan membantu masyarakat mencari keadilan maka dalam pelaksanaannya sebagai salah satu bagian yang membantu penegakan hukum.

"Advokat dalam menjalankan tugasnya secara mandiri tanpa pengaruh apapun melainkan tetap teguh memegang sumpah profesi dan kode etik demi mewujudkan kepastian hukum dan tujuan bangsa," ujarnya.

Menurutnya, profesi advokat itu syarat mengemban tugas dengan kemuliaan, kehormatan.

"Jadi setiap advokat harus menjaga kemuliaan dan kehormatannya, jangan sampai Advokat sendiri yang mengabaikan dan menyingkirkan kemuliaan dan kehormatan dengan kerja-kerja profesi yang menyimpang," tandasnya.

"Jadi kalaupun sampai saat ini kebanyakan masyarakat melihat image advokat masih kurang baik, tidak perlu dan jangan marah."

Azmi berharap agar para Advokat maju kedepan meluruskan kualitas penegakan hukum, dan menunjukan kualitas dan integritas yang baik.

"Menjadi panutan terbaik dalam menjalankan profesinya di tengah masyarakat serta menjaga nama baik profesi Advokat. Advokat bukan sekedar penegak hukum namun harus pula jadi pendidik hukum dalam masyarakat," tutup Azmi.

tag: #advokat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan ...
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...