Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 28 Jul 2020 - 20:59:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Sikapi Dinasti Politik, Nasdem: Sistem Rekrutmen Partai Jadi Salah Satu Penyebab

tscom_news_photo_1595944774.jpg
Saan Mustopa Politikus Partai Nasdem (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menilai, penyebab munculnya dinasti politik dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) salah satunya adalah rekrutmen di internal partai politik.

"Parpol dalam menjalankan fungsi rekrutmen politik di eksekutif maupun legislatif berpengaruh pada muncul atau tidaknya dinasti politik," kata Saan dalam diskusi Forum Legislasi bertajuk "UU Pilkada dan Kekhawatiran Menguatnya Dinasti Politik" di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (28/07/2020).

Ke depannya, kata dia, rekrutmen yang dilakukan parpol menjadi bagian penting yang harus dipikirkan secara bersama-sama.

Politikus partai NasDem itu menilai, sistem rekrutmen di parpol minimal tidak mengabaikan sistem kompetensi dari seseorang untuk menduduki posisi di legislatif maupun eksekutif.

"Misalnya, terkait rekam jejak yang bersangkutan di politik, isitilahnya tidak langsung seketika (menduduki posisi di legislatif dan eksekutif), tetapi memiliki rekam jejak politik," ujarnya.

Kedua, lanjut dia, terkait dengan aturan dalam UU Pilkada, proses seorang calon kepala daerah mendapatkan dukungan minimal 20 persen suara di daerah.

"Dalam satu daerah, ada satu dua partai yang hanya mendapatkan satu kursi. Distribusi perolehan kursi di DPRD itu terkadang menyulitkan bagi calon kepala daerah mendapatkan dukungan karena terlalu banyak partai," ungkapnya.

tag: #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Bagi Yang Masih Bingung, Inilah Pedoman Pengenaan Pasal Karet di UU ITE

Oleh Rihad
pada hari Wednesday, 23 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah telah menerbitkan pedoman implementasi pasal tertentu dalam Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dikenal sebagai pasal ...
Berita

Soal Wacana Revisi PP 109/2012, Kementan Berharap Kementerian Terkait Mempertimbangkan Kembali

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Pertanian menyatakan wacana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau ...