Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 29 Jul 2020 - 14:54:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Gibran Berpeluang Lawan Kotak Kosong, Refly Sebut Permasalahan Ada Di Threshold

tscom_news_photo_1596007358.jpg
Refly Harun (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan kalau threshold atau ambang batas mempunyai dampak buruk pada gelaran pilkada maupun pilpres.

Pasalnya, dengan adanya threshold mengakibatkan kompetisi di ajang pesta demokrasi itu hanya menghadirkan calon tunggal.

Seperti di Pilkada Solo 2020 nanti, dimana besar kemungkinan besar putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan maju tanpa lawan.

Refly menyebut hal tersebut lantaran salah satu dampak buruk dari threshold yang menyebabkan partai lain tidak memiliki cukup kuota kursi untuk menghadirkan sang penantang.

"Iya memang (kemungkinan Gibran tanpa lawan), memang itu lah yang jadi masalah threshold di pilkada. Saya mengatakan threshold itu baik di pilkada maupun di pilpres itu punya dampak buruk," kata Refly melalui pesan singkatnya, pada Rabu (29/07/2020).

Refly menuturkan salah satu dampak diantaranya akan menyeruak praktik jual beli perahu. Di mana, akan ada semacam upeti dari calon ke partai politik (parpol).

Selanjutnya, tokoh yang mempunyai kompetensi dan potensi dirasa akan sia-sia jika tidak mendapatkan perahu untuk mencalonkan baik sebagai kepala daerah maupun kepala negara.

"Ketiga, kemungkinan bisa calon tunggal. Kalau calon tunggal namanya bukan kompetisi dong, ngapain kita pemilihan. Itu dampak buruk daripada threshold itu," pungkasnya.

tag: #refly-harun  #ambang-batas-parlemen  #gibran-rakabuming  #pilkada-2020  #solo  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Ketum APTRI: Bila Pemerintah Import Gula Rafinasi Maka Petani Tebu Banyak Yang Menjerit

Oleh Bachtiar
pada hari Kamis, 28 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Abdul Wachid tidak mempersoalkan jika pemerintah hanya mengimport kebutuhan gula bagi industri makanan dan ...
Berita

Tekan Penyebaran Covid-19, Aleg PDIP: Prokes Penting Untuk Terus Dibumikan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP Rahmad Handoyo menilai, pentingnya membumikan protokol kesehatan guna menekan penyebaran pandemi covid-19. Hal tersebut disampaikan ...