Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 06 Agu 2020 - 00:39:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonom Senior Indef: Jika Covid-19 Tak Bisa Diatasi, Jangan Bermimpi Mengatasi Resesi

tscom_news_photo_1596649172.jpg
Didik J. Rachbini Ekonom Senior Indef (Sumber foto : Foto: Net)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ancaman resesi bisa teratasi jika memang permasalahan internal seperti buruknya komunikasi dan koordinasi di kabinet Presiden Jokowi-Wapres Ma"ruf Amin dapat terselesaikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ekonom Senior Indef Didik J Rachbini saat merespon pengumuman dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut pertumbuhan ekonomi berada pada level minus 5,32 persen pada kuartal kedua ini.

"Karena tim pemerintah kacau dalam komunikasi, pemimpinnya gusar terhadap anak buah, tim tidak solid. Maka covid-19 mustahil bisa diatasi dengan baik. Jika covid-19 tidak bisa diatasi, jangan bermimpi bisa mengatasi resesi," kata Didik kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Didik menilai, tidak ada pertumbuhan ekonomi tanpa mengatasi pandemi. Jika pandemi terus berkembang seperti sekarang, maka resesi akan berkepanjangan.

"Pemerintah akan kesulitan mengembalikan ekonomi tumbuh kembali," tegas Didik.

Didik memandang, pemerintah dan tim ekonomi selama ini sibuk dengan permasalahan internalnya sendiri. Hal itu ditunjukkan dengan koordinasi dan komunikasi yang buruk.

Hal tersebut, lanjut Didik, juga terlihat dari kemarahan presiden serta anggaran yang tidak terealisasi dengan memadai.

"Dari awal komunikasi pemerintah sangat kacau dimana ada puluhan blunder komunikasi yang membingungkan dalam kebijakan covid-19," kata dia.

Akhirnya, lanjut Didik, meskipun kasus covid-19 terus meningkat, pemerintah pusat dipimpin Presiden terpaksa membuka PSBB sehingga kasus covid-19 sudah di atas 100 ribu.

"Tidak lama lagi kasus itu akan mencapai 200 ribu bahkan sampai 3 kali dari kasus yang terjadi di China, tempat asal virus ini," tandas dia.

tag: #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Pergantian Jendral Gatot Nurmantyo Tak Ada Hubungannnya Dengan Nobar Film G30S/PKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 23 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politisi PDI Perjuangan Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menegaskan pergantian jabatan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai panglima TNI murni karena sudah habis masa ...
Berita

Sebut Pencopotan Karena G30-S PKI, Istana Sebut Gatot Nurmantyo Kebablasan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menepis tudingan Gatot Nurmantyo soal pencopotan jabatan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai panglima ...