Berita
Oleh Alfin Pulungan pada hari Tuesday, 11 Agu 2020 - 12:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pembukaan Sekolah di Zona Kuning Berpotensi Jadi Kluster Penyebaran Virus Baru

tscom_news_photo_1597112622.jpeg
Pengukuran suhu tubuh siswa sebelum masuk sekolah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengkritik kebijakan pemerintah yang membuka izin sekolah membuka kembali aktivitas belajar tatap muka di wilayah zona kuning wabah korona. Izin tersebut sebelumnya diputuskan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim pada Jumat, 11 Agustus 2020 lalu.

Sekretaris Jenderal FSGI, Heru Purnomo, mengatakan kebijakan tersebut patut dikhawatirkan karena berpotensi menimbulkan risiko klaster penyebaran virus baru. "Kesehatan lebih penting dibanding tertinggal dan tak optimalnya layanan pendidikan bagi anak selama PJJ (pembelajaran jarak jauh)," kata Heru di Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020.

FSGI mengakui jika sekolah-sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) banyak hal yang menjadi kendala. Seperti, kendala siswa dan guru yang tak memiliki ponsel pintar untuk belajar, buruknya jaringan internet di beberapa wilayah, persoalan jaringan listrik, metode guru dalam mengajar tak optimal karena faktor geografi dan akses ke rumah siswa yang jauh atau sulit ditempuh, serta orang tua tak bisa optimal mendampingi anak selama PJJ.

Heru Purnomo


Menurut Heru, semestinya pemerintah pusat dan daerah lebih dulu membenahi persoalan PJJ. Dari situ, pusat dan daerah juga harus melakukan koordinasi dan komunikasi secara intens serta memberikan solusi kepada sekolah-sekolah.

FSGI menyatakan tidak optimalnya komunikasi antara pusat dan daerah bukan alasan yang cukup untuk membuka kembali sekolah di Zona Kuning. Hal yang sangat dikhawatirkan , kata Heru, melihat hal ini dapat mempertaruhkan kesehatan guru, siswa, dan orang tua.

Ia menambahkan, bagi FSGI opsi memperpanjang pembelajaran jarak jauh adalah pilihan terbaik saat ini. FSGI berharap orang tua siswa, lebih lapang dan sabar dalam mendampingi anak selama belajar dari rumah.

tag: #sekolah  #covid-19  #pendidikan  #fsgi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement