Oleh Alfin Pulungan pada hari Minggu, 16 Agu 2020 - 13:29:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Buta Huruf Modern Jadi Tantangan Indonesia, Apa Itu?

tscom_news_photo_1597553557.jpeg
Ilustrasi anak sekolah menggunakan gadget. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan saat ini buta huruf modern menjadi tantangan yang dihadapi Indonesia dan dunia.

Maksudnya, kata Muhadjir, buta huruf modern atau iliterasi modern terjadi di tengah kemudahan mengakses informasi secara digital dengan adanya internet.

Menurutnya, buta huruf modern itu disebabkan karena seseorang tidak mau atau tidak mampu mengelelola informasi yang diterimanya. Kelemahan dalam literasi inilah yang mengakibatkan terjadinya buta huruf modern.

Dengan informasi yang melimpah, masyarakat bukannya tercerdaskan, justru masyarakat menjadi malas menyerap informasi secara menyeluruh

"Itulah yang disebut dengan buta huruf modern, bukan karena tidak bisa baca atau tulis," kata Muhadjir, dalam webinar "Persiapan Perpustakaan dalam Menghadapi Pendidikan Jarak Jauh" yang diselenggarakan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah, dikutip dari siaran pers Kemenko PMK, Ahad, 16 Agustus 2020.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menuturkan, saat ini terdapat dua tipe iliterasi di era modern, yaitu urban iliterasi dan rular iliterasi.

Muhadjir Effendy


Urban Iliterasi atau buta huruf perkotaan adalah karakteristik iliterasi modern, yakni informasi melimpah ruah tetapi gagal menangkap informasinya secara menyeluruh. Ia mencontohkan, seseorang yang membaca berita, namun yang dibaca hanya judul atau membaca buku, tapi yang disasar hanya kesimpulannya saja.

"Informasi supervisial, terpenggal. Ini sangat berbahaya," kata Muhadjir.

Sementara itu, yang kedua mengenai rural iliterasi atau buta huruf desa, kata Muhadjir, diakibatkan oleh terbatasnya akses informasi. Contohnya terjadi di wilayah desa terpencil yang minim informasi dari dunia luar sehingga membuat informasi yang diterima mereka tak berjalan baik.

"Keduanya sangat berbahaya karena bisa menimbulkan misinformasi. Tantangan teknologi informasi di era modern bukan jadi pemerataan informasi justru menjadi menumpuk, sedangkan yang tidak mendapatkan akses semakin tertinggal," jelasnya.

Muhadjir menyebut adanya ketimpangan tersebut harus disiasati dengan regulasi terkait pemerataan informasi. Sebab, jika dibiarkan, masyarakat desa yang tertinggal akan semakin tertinggal dengan masyarakat perkotaan.

tag: #literasi-digital  #pendidikan  #muhadjir-effendy  #kemenko-pmk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...