Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 19 Agu 2020 - 16:13:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Cikal Bakal Hadirnya KAMI karena Parlemen Sudah Dikuasai Pemerintah

tscom_news_photo_1597822582.JPG
Deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sejumlah tokoh menghadiri acara deklarasi maklumat Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat pada Selasa (18/8) siang

Pada deklarasi tersebut dibacakan delapan poin maklumat KAMI hingga penyampaian pesan presidium KAMI oleh mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo.

Pemimpin Komite Khittah Nahdlatul Ulama 1926, Prof Rochmat Wahab dan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin juga turut menyampaikan poin maklumat KAMI tersebut.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik Andi Yusran mengatakan kalau kehadiran KAMI mengindikasikan mandeknya proses demokratisasi di Indonesia.

Menurut Andi, pemerintah, partai politik dan parlemen perlu melakukan koreksi total terhadap peran dan fungsinya karena hari ini Parlemen sebagian besar sudah dikuasai pemerintah.

Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa posisi eksekutif saat ini sangat powerful karena dominansi kekuatan Parlemen yang sudah dikuasai pemerintah.

"Sementara lembaga-lembaga negara penyeimbang lainnya dalam posisi ‘sub-ordinasi’ eksekutif," kata Andi saat dihubungi, Rabu (19/08/2020).

Akademisi Universitas Nasional (Unas) tersebut melanjutkan kalau pemerintah idealnya harus segera melakukan dialog dengan KAMI.

Selain itu pemerintah juga perlu melakukan reformasi, redesign dan reorientasi pembangunan dari model yang sedang dijalankan selama ini.

"Jika pemerintah abai dan tidak merespons arus kritikan yang menderas sebagaimana selama ini, maka KAMI bisa menjadi lokomotif reformasi jilid dua," pungkasnya.

tag: #dpr  #kami  #reformasi  #mui  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...