Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Thursday, 20 Agu 2020 - 06:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Faisal Basri Sebut Hadirnya KAMI Akibat Parpol Gagal Jadi Wadah Penyerapan Aspirasi Masyarakat

tscom_news_photo_1597875536.jpeg
Ekonom Senior Faisal Basri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ekonom Senior Faisal Basri mengatakan faktor kegagalan partai politik di parlemen menjadi salah satu jawaban mutlak dari menguatnya gerakan masyarakat sipil di tanah air.

Hal tersebutlah yang menjadi sebuah inisiasi pembentukan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang baru-baru ini deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (18/8) kemarin.

"Parpol gagal menadi wadah penyerapan aspirasi masyarakat. Sehingga memunculkan kelompok-kelompok politik diluar partai karena aspirasinya tidak tertampung di partai yang ada. Makanya kemaren deklarasi KAMI itu," kata Faisal Basri dalam diskusi bertajuk "Pemilu dan Pilkada: Elit Recruitment dan Rasionalisasi Kepemimpinan Profesional di Daerah", Rabu (19/08/2020).

Menurutnya, tidak mengherankan apabila gerakan masyarakat sipil dan juga gelombang demonstrasi buruh hingga mahasiswa bergerak untuk menyuarakan aspirasinya secara masif.

Beberapa waktu terakhir pergerakan masyarakat terus mengalami eskalasi lantaran tidak diakomodirnya aspirasi rakyat oleh partai politik di parlemen.

"Partai punya dunianya sendiri. Partai mengatakan, kan waktu Pemilu, Pilkada Pilpres kan sudah saya bayar kalian, kalian diam, dia bilang ke pemilihannya begitu," ungkapnya.

"Transaksional, sekarang giliran saya bayar utang karena dulu waktu Pilkada atau Pemilu saya berhutang kepada bandar-bandar," sambungnya.

Faisal menilai mandulnya parpol yang gagal menjadi wadah penyerapan aspirasi masyarakat menyebabkan gerakan masyarakat di luar parlemen semakin masif.

"Karena masyarakat tidak terakomodasi oleh partai-partai itu," pungkasnya.

tag: #faisal-basri  #parpol  #politik  #kami  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...