Oleh Givary Apriman pada hari Jumat, 21 Agu 2020 - 10:48:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat Sebut KITA Dipaksakan Untuk Menjadi Tandingan KAMI

tscom_news_photo_1597980866.jpg
Pengamat Politik Gde Siriana Yusuf (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Beberapa hari lalu tokoh tokoh bangsa resmi mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dimotori oleh Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin.

Tak mau kalah dari KAMI, relawan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin resmi mendeklarasikan Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA).

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Gde Siriana mengatakan orang-orang yang membentuk KITA ini terjebak dalam retorik kekuasaan.

"Ini permainan kekuasaan yang mengganggap KAMI sebagai musuh. Sehingga kelompok ini mengedepankan sikap yang defensif," kata Gde ketika dihubungi, Jumat (21/08/2020).

Gde yang juga merupakan Deklarator KAMI menuturkan kalau KITA jelas berbeda dengan KAMI yang bersikap proaktif dan antisipatif pada situasi yang dihadapi negara hari ini maupun esok.

Menurutnya, pembentukan KITA oleh relawan dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma"ruf Amin melihat kalau KITA dirancang untuk membuat tandingan dari KAMI.

"Apalagi dengan menggunakan kata KITA yang dianggapnya sebagai tandingan KAMI," tuturnya.

Gde menilai bahwa sebenarnya makna dari KAMI sendiri bukan sebagai kami (us dalam bahasa inggris), itu hanya kebetulan saja singkatannya jadi KAMI.

Sehingga menurut Gde kalau pembentukan KITA ini sangat dipaksakan untuk menjadi tandingan dari KAMI padahal sangat jelas KITA itu jauh dari konteksnya.

"Sehingga terlihat jelas bagaimana makna KITA sangat dipaksakan sebagai tandingan. Jadi responnya pembentuk KITA jauh dari konteksnya," pungkasnya.

tag: #gde-siriana-yusuf  #kami  #din-syamsuddin  #jokowi  #maruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...