Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 21 Agu 2020 - 12:16:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR: Kita Akan Mengalami Krisis Dokter

tscom_news_photo_1597986990.jpeg
Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS, Netty Prasetiyani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merilis 80 nama dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19. Anggota Komisi Kesehatan (Komisi IX) DPR Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah memprioritaskan perlindungan terhadap dokter dan tenaga kesehatan.

"Tenaga medis harus terlindungi dengan aman dalam menjalankan tugas di masa pandemi. Sebab mereka bekerja di zona yang rentan penularan. Kita tidak ingin ada tenaga medis yang terpapar atau gugur akibat prosedur penanganan Covid-19 yang kurang standar,” kata Netty dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Agustus 2020.

Netty mengatakan, jika perlindungan terhadap tenaga medis tidak diprioritaskan, maka kita akan mengalami kerugian besar di masa depan. “Jumlah dokter kita kurang dari 200 ribu orang, masih belum sepadan dengan jumlah penduduk. Jika kebijakan perlindungan terhadap dokter tidak efektif, bukan tidak mungkin kita akan mengalami krisis dokter dan tenaga medis,” katanya.

Ini sejalan dengan apa yang disampaikan Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengungkapkan jumlah dokter paru di Indonesia, yakni 1.976 orang. Dengan jumlah tersebut, kata dia, satu dokter paru harus melayani sekitar 245 ribu warga.

"Semua pihak harus terlibat melindungi dokter dan tenaga medis sebagai aset bangsa yang berharga. Diawali dengan disiplin semua orang dalam menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak fisik,” kata Netty.

Netty meminta agar pemerintah membuat kebijakan perlindungan terhadap tenaga medis dan nakes. “Dan ditindaklanjuti dengan implementasi kongkret di lapangan, seperti kepastian tersedianya alat pelindung diri yang standar dan layak di setiap tingkat pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

tag: #dokter  #covid-19  #komisi-ix  #netty-prasetiyani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Tak Hanya di Bogor, Obat Terapi Covid-19 Juga Langka di Bandar Lampung

Oleh Rihad
pada hari Minggu, 25 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Obat terapi COVID-19 dan vitamin sulit didapat di sejumlah apotek di Bandarlampung karena stoknya terbatas. Dilaporkan, di sejumlah apotek di Bandarlampung, Sabtu (24/7), ...
Berita

Pertanda Bagus, Kasus Sembuh Capai Rekor Baru

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Per Sabtu (24/7), Kementerian Kesehatan melaporkan kasus sembuh mendapat penambahan sebanyak 39.767 kasus. Ini merupakan rekor terbaru kasus kesembuhan di Indonesia. Saat ...