Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 27 Agu 2020 - 14:16:33 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta Kemen PUPR Kaji Mendalam Usulan Anies Baswedan, Soal Apa?

tscom_news_photo_1598512593.jpg
Irwan politikus demokrat (Sumber foto : Dokumen)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho meminta Kementerian PUPR mengkaji betul usulan Pemprov DKI soal usulan pemakaian ruas tol Cawang-Tanjung Priok .

Irwan meminta agar Kementerian PUPR pertimbangkan benar-benar tujuan penyelenggaraan dan syarat-syarat jalan tol seperti yang diatur dalam undang-undang.

Menurut legislator asal Kalimantan Timur ini, jalan tol mempunyai spesifikasi dan pelayanan yang lebih tinggi dibandingkan jalan umum yang ada.

"Saya tidak melihat keadaan khusus atau tertentu yang mengharuskan jalan tol itu jadi fungsional khusus untuk sepeda walaupun sekedar diperuntukkan tiga jam di pagi setiap hari Minggu," kata Irwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/8/2020).

Irwan juga mempertanyakan apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memikirkan keselamatan pesepeda di jalan tol.

Menurut Irwan, keselamatan pesepeda ini penting selainpertimbangan masalah konektivitas transportasi, okupansi kendaraan serta masalah kemacetan lalu lintas di ruas tol lain.

"Masalah keselamatan dan keamanan pesepeda juga harus benar-benar menjadi pertimbangan mengingat ruas tol tersebut adalah jalan layang, di mana angin dapat menyebabkan ancaman faktor keselamatan masyarakat pesepeda apalagi jalan tol sejatinya didesain untuk kendaraan berkecepatan tinggi," ucap Irwan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan jalur sepeda di Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok) yang sedang diusulkan Gubernur Anies Baswedan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diperuntukkan bagi sepeda dengan spesifikasi khusus.

Dia mengingatkan bahwa jalan tol diselenggarakan untuk memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang, serta untuk meningkatkan hasil guna dan daya guna pelayanan distribusi barang dan jasa untuk menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Jadi di tengah pandemi COVID-19 ini selain karena alasan protokol kesehatan, juga untuk pemulihan ekonomi nasional tentu itu (usulan Anies) belum pas," tandas Irwan.

tag: #irwan-demokrat  #irwan  #anies-baswedan  #relawananies  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...