Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 01 Sep 2020 - 15:01:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebut Influencer Ujung Tombak Demokrasi Digital, Pengamat Tegur Fadjroel Rachman

tscom_news_photo_1598946083.jpg
Gde Siriana Yusuf (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Politik Gde Siriana Yusuf menegur juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman yang menyebut kalau influencer merupakan ujunt tombak demokrasi.

Gde mengatakan kalau sebelum era digital ataupun saat era digital baik atau buruknya demokrasi dijalankan tergantung pada kekuatan civil society.

"Semakin kuat civil society, maka demokrasi makin berkualitas. Dan aktivitas civil society tidak berbayar, termasuk para netizen," kata Gde saat dihubungi, (01/09/2020)

Gde menuturkan bila kondisi saat ini masyarakat partisipatif dalam adanya kebijakan pemerintah influencer tidak harus dibayar.

"Jika fadjroel bilang skrg masyrakat partisipatif dlm kebijakan ya mestinya influencer ini tidak dibayar pemerintah," tuturnya.

Gde yang juga salah satu deklarator KAMI menyebutkan kalau Influencer yang juga corong pemerintah diibaratkan seperti Netizen plat merah.

"Hal tersebut, karena dibayar pemerintah tidak bisa dibilang partisipasi masyarakat lagi karena saat ini influsncer tersebut menjadi corong suara pemerintah, seperti biro agitasi propaganda pemwrintah," ujarnya.

Gde menyebut kalau situasi saat ini justru menimbulkan perlawanan atau gap di masyarakat dan antara netizen yg murni partisipasi masyarakat dalam mengkritisi kebijakan publik dan netizen plat merah.

Dengan adanya netizen plat merah berbayar yg mendukung kebijakan plat merah, potensi konflik horizontal pun besar," pungkasnya.

tag: #gde-siriana-yusuf  #netizen  #jokowi  #fadjroel-rachman  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Sebut Omnibus Law Untungkan Mahasiswa, Moeldoko: Yang Paham Tidak Akan Turun ke Jalan

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Kamis, 22 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan aksi unjuk rasa mahasiswa yang menolak Omnibus Law Undang-undang (UU) Cipta Kerja bertolak belakang dengan manfaat yang ...
Berita

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, JPPI Berikan Rapor Merah Di Sektor Pendidikan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) menilai pendidikan belum menjadi prioritas negara selama satu tahun kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres ...