Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 11 Sep 2020 - 22:55:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Sindir Anies Soal PSBB, Pengamat: Airlangga Sedang Cari Kambing Hitam

tscom_news_photo_1599839715.jpg
Ilustrasi (Anies Baswedan-Airlangga Hartarto) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy (ODP), Setyo Purwanto menilai, sindiran yang dilayangkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato terkait rencana PSBB DKI Jakarta merupakan upaya kambing hitam.

"Airlangga sedang cari kambing hitam akibat ketidaksanggupan mengendalikan perekonomian nasional, ambruknya IHSG lebih diakibatkan gagalnya pemerintah pusat dalam mengendalikan pandemi," sindir Setyo kepada wartawan, Jumat (11/9/2020).

Setyo yang akrab disapa Komeng menjelaskan, saat itu metode yang ditempuh pemerintah pusat terutama kemenkes termasuk Airlangga ini ngawur.

Alih-alih menerapkan protokol kesehatan malah berencana menyewa buzzer dan influencer untuk mengundang turis datang

"Respon yang lambat di bulan Maret pertama kali kasus positif covid-19 ditemukan. Anjloknya perekonomian ini kan sudah diprediksi, dikarenakan penopang utama pemasukan negara dari sektor konsumsi, pajak dan investasi yang lemah di kuartal II/2020," papar Komeng.

Komeng juga menyindir, program stimulus ekonomi yang harusnya di komando Airlangga ini pun cuma bisa gerak jalan ditempat.

"Dia tidak ada break through mestinya mencari cara alternative meningkatkan serapan stimulus kesehatan, perlindungan sosial, dan stimulus sektoral dan pemda, menko perekonomian mestinya mampu melakukan pemangkasan prosedur, termasuk simplifikasi dokumen, apalagi dia sebagai ketua "panitia" Komite pengendalian covid-19 dan PEN," tandas Komeng.

Padahal, lanjut Komeng, Presiden Jokowi akhirnya baru sadar ketika memutuskan untuk fokus kesehatan daripada ekonomi saat di lockdown oleh internasional.

"Ketika Perpres no 82 tahun 2020 tentang komite Corona dan PEN, Perpres tersebut menggambarkan pemerintah mendahulukan perekonomian ketimbang pengendalian pandemi. Nah ketika progresifitas angka kasus positif meroket baru kayaknya panik lantas ngomong kesehatan harus nomor satu," tandas Komeng.


tag: #psbb  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement