Oleh Rihad pada hari Sabtu, 12 Sep 2020 - 23:37:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Mustahil, Harapkan Ekonomi Bangkit di Tengah Pandemi

tscom_news_photo_1599928639.png
Faisal Basri (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pengamat ekonomi Faisal Basri menilai keinginan memulihkan perekonomian nasional pada saat kasus positif Covid-19 terus meningkat sulit terwujud. "Kalau mau disederhanakan, kasus di Indonesia sekarang sedang naik, ekonomi sedang turun," kata Faisal dalam diskusi daring tentang Evaluasi Enam Bulan dan Proyeksi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sabtu (12/9).

Menurut dia, mengharapkan ekonomi naik di tengah pandemi itu tidak mungkin. "Pemerintah maunya, terutama Pak Airlangga (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, red), kasus naik, ekonomi naik. Itu mimpi," katanya.

Pendiri Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) itu menambahkan, sebaiknya para menteri mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memfokuskan penanganan kesehatan ketimbang pemulihan ekonomi. "Jadi memang begitu rumusnya. Ayo melakukan itu untuk mengendalikan virus ini, sehingga virusnya tidak mencapai tinggi. Segera mencapai puncak dan turun," ujar dia.

Faisal menambahkan, ekonomi akan tumbuh seiring dengan perbaikan sektor kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebab, pandemi Covid-19 tidak mengakibatkan rusaknya fasilitas ekonomi. Menurut Faisal, pandemi Covid-19 berbeda dari bencana alam yang mengakibatkan kerusakan fasilitas ekonomi.

Ketika pemerintah fokus terhadap kesehatan, Faisal mengharapkan pandemi segera berakhir. Selanjutnya aktivitas masyarakat kembali normal dan perekonomian pun hidup karena masyarakat bisa berbelanja dengan tenang. "Kelas menengah akan belanja secara normal, pengusaha akan berinvestasi lagi. Dia tidak akan menaruh uang di bank terlalu banyak. Dia akan belanja, belanja, belanja. Investor asing akan datang," ulasnya. Faisal menegaskan, wisatawan asing dan investor otomatis akan masuk ke Indonesia jika pandemi Covid-19 terkendali.

tag: #covid  #ekonomi-indonesia  #pertumbuhan-ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement