Oleh Alfin Pulungan pada hari Senin, 14 Sep 2020 - 11:43:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Dewan Pakar PKPI Sebut MUI Sama dengan LSM, Guspardi: Ngawur dan Salah Kaprah!

tscom_news_photo_1600058383.jpeg
Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN, Guspardi Gaus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus, merasa terkejut dengan penyataan yang menyebut lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) sama seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pernyataan itu dilontarkan Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesi (PKPI) Teddy Gusnaidi melalui akun Twitter resmi miliknya @TeddyGusnaidi, Jumat 11 September 2020.

"Agaknya orang ini tidak paham dengan MUI, atau dia berkomentar seperti ini sengaja untuk mencari sensasi agar menjadi perhatian publik atau paling tidak komentarnya bisa jadi ajang polemik sehingga menjadi buah bibir di tengah masyarakat," kata Guspardi dalam keterangan tertulis, Senin, 14 September 2020.

Anggota Komisi II DPR ini mempertanyakatan motif Teddy dibalik pernyataan congkak tersebut. Guspardi menegaskan bahwa MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

Lembaga yang sampai hari ini masih dipimpin oleh Wakil Presiden RI, Prof. KH Ma"ruf Amin itu dalam menjalankan tugas dan fungsinya dibantu oleh oleh 12 komisi dan 10 badan/lembaga. Majlis Ulama Indonesia (MUI) memberikan kepercayaan dan amanah didalam lembaga ini kepada cendikiawan muslim, dan para tokoh yang berasal dari Ormas Islam dan Perguruan Tinggi.

"Mereka sangat berkompeten dan mempunyai tingkat keilmuan yang tinggi. Latar belakang pendidikannya pun beragam dari berbagai disiplin ilmu baik dari universitas dalam negeri maupun universitas luar negeri," jelas Mantan Akademisi UIN Imam Bonjol Padang ini.

Pernyataan yang menyamakan MUI dengan LSM ditambah lagi dengan menyebut pengurusnya belum tentu ulama, kata Guspardi, jelas sebuah penyataan yang sangat tendensius dan melecehkan lembaga MUI.

"Untuk itu saya menghimbau kepada MUI untuk dapat meminta klarifikasi orang bersangkutan. Karena menurut saya apa yang telah dinyatakannya itu ngawur dan salah kaprah," tegas anggota Badan Legislasi DPR ini.

Teddy Gusnaidi


Sebelumnya, dewan pakar PKPI Teddy Gusnaidi melontarkan pernyataan pedas dan menyudutkan lembaga MUI Twitter resmi miliknya @TeddyGusnaidi, pada Jumat 11 September 2020 lalu.

Teddy membuat heboh publik dengan menyebut MUI sebagai lembaga yang tak jauh berbeda dengan LSM.

"MUI itu LSM, sama seperti LSM lainnya, gak ada bedanya. MUI itu cuma LSM urusan ulama, tapi pengurusnya belum tentu ulama. Sama seperti LSM urusan hewan, apakah pengurusnya laler dan kecoa? Gak kan?," katanya.

tag: #mui  #pkpi  #teddy-gusnaidi  #guspardi-gaus  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Vera Febyanthy Bagikan Paket Lebaran di 3 Kabupaten

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 11 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengancam, Hari Raya Idul Fitri 1442 H pasti akan terasa berbeda. Tapi masyarakat harus tetap merasakan sukacita, meskipun sekadar ...
Berita

Bamsoet: Civitas Akademika Universitas Udayana Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Susun dan Tetapkan PPHN

BALI (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan civitas akademika Universitas Negeri Udayana agar MPR RI kembali memiliki kewenangan menyusun dan menetapkan Pokok-Pokok ...