Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 14 Sep 2020 - 12:08:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Tidak Ada Niatan Puan Bahayakan Keselamatan Bangsa

tscom_news_photo_1600060118.jpg
Puan Maharani Ketua DPR (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengingatkan bahwa Puan Maharani merupakan putri dari presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, sekaligus cucu pendiri bangsa Bung Karno.

Karena itu, Hasto menilai pernyataan Puan terkait Sumatera Barat tidak mungkin berniat untuk memecah belah bangsa. Melainkan suatu proses dialektika kebangsaan. Hasto juga menyarankan pihak-pihak yang terus menggoreng isu itu agar melakukan tabayyun yang nilainya tersirat dalam Pancasila.

Hasto menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan awak media di sela-sela pembukaan Sekolah Partai gelombang ketiga melalui telekonferensi, Minggu (13/9/2020).

"Mbak Puan ini putri Bu Mega. Sama dengan Mas Tatam dan Mas Prananda. Jadi nggak akan melakukan sesuatu hal yang membahayakan keselamatan bangsa dan negara. Semua dilakukan dengan upaya membangun silaturahmi yang baik dengan upaya untuk berdialog. Jadi itu menjadi dialektika ideologis dan sikap PDI Perjuangan," kata Hasto.

Hasto juga menerangkan sudah banyak kader PDIP yang menjelaskan secara kontekstual dari teks yang disampaikan Puan Maharani. Termasuk latar keturunan Puan yang berdarah Minang melalui sang ayah, Almarhum Taufik Kiemas.

Hasto juga menyadari isu ini terus digoreng sampai ada pihak yang menyebut bahwa politikus PDIP Arteria Dahlan merupakan cucu dari pendiri PKI. Politikus asal Yogyakarta ini mengingatkan isu itu diembuskan hanya untuk membakar amarah dan membuat gaduh masyarakat Indonesia.

"Kami itu lihat segala sesuatunya dalam perspektif yang positif. Kalau ada yang kurang, ya, lakukan tabayyun, klarifikasi, itu kan Pancasila. Kita diajarkan untuk itu, jadi nggak usahlah goreng-menggoreng, tetapi kita gelorakan hal yang positif dan itulah komitmen PDIP," kata Hasto.

Hasto juga mengangkat adanya isu dugaan pelecehan yang menimpa kadernya, yaitu Calon Wakil Walikota Depok dari PDIP Afifah Alia. Afifah mengaku dilecehkan pesaingnya, calon Wakil Wali Kota dari PKS Imam Budi Hartono, dengan ucapan "sekamar sama saya". Imam mengklaim bahwa teksnya bukan seperti itu, dan sifatnya hanya guyon atau mencairkan suasana.

"Yang terjadi di Kota Depok, yang penting sudah ada klarifikasi ajak kata-kata sekamar. itu klarifikasi yang penting tabayun, melakukan klarifikasi, toh, segala sesuatunya rakyat menilai apakah niatannya baik atau tidak," jelas dia.

Menurut Hasto, niat itu yang paling penting dalam menilai pernyataan seseorang. Hasto mengingatkan pada Pilpres 2019 lalu, Indonesia pernah digegerkan dengan pernyataan Ratna Sarumpaet yang mengaku dipukuli. Politisi dan tokoh, terutama yang berseberangan dengan Joko Widodo saat itu, langsung memberi kecaman. Ternyata, wajah Ratna mengalami pembengkakan karena operasi plastik.

"Nah, kayak gitu kan baru negatif, itu baru manipulasi. Kita kan nggak pernah melakukan manipulasi," tegas Hasto.

tag: #puan-maharani  #pdip  #hasto-kristiyanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...