Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 18 Sep 2020 - 12:06:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemenag Ubah Sertifikasi Penceramah Jadi Penguatan Kompetensi, Kenapa?

tscom_news_photo_1600405519.jpeg
Menteri Agama Fachrul Razi (kanan) dan Wakilnya Zainut Tauhid (kiri) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kementerian Agama (Kemenag) mengubah program sertifikasi ulama menjadi program Penguatan Kompetensi Penceramah. Perubahan nama tersebut dilakukan menyikapi berbagai kritikan dan penolakan yang dilontarkan publik soal sertifikasi penceramah.

"Program ini bernama Penguatan Kompetensi Penceramah Agama. Tidak ada lagi istilah penceramah bersertifikat untuk menghindari berbagai polemik yang muncul dan kami juga menghindari dikotomi dai bersertifikat dan tidak bersertifikat," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangan resmi Kemenag, Jumat, 18 September 2020.

Zainut menjelaskan program dengan nama yang baru ini tak lagi soal sertifikasi agama, namun lebih kepada pembinaan teknis dalam rangka penguatan kompetensi penceramah atau dai. Program ini tidak hanya dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam, tapi juga Ditjen Bimas Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha, serta Pusat Pembinaan dan Pendidikan (Pusbindik) Khonghucu.

“Bukan sertifikasi. Tidak ada paksaan untuk mengikuti program ini. Sifatnya sukarela. Karenanya, yang tidak ikut Bimtek juga tidak terhalang haknya untuk terus berdakwah,” kata dia.

Melalui program tersebut, Kemenag berharap bisa mendorong peran para penceramah lebih luas lagi dalam pembangunan bidang agama, sehingga dapat memenuhi tuntutan zaman dan sekaligus meneguhkan perannya di tengah modernitas.

“Kegiatan ini kita semua berharap agar para penceramah bertambah wawasan serta kompetensi keilmuannya, dan memiliki integritas kebangsaan yang tinggi untuk mensyiarkan keberagamaan yang moderat langsung kepada masyarakat," kata Zainut.

tag: #sertifikasi-penceramah  #kementerian-agama  #fachrul-razi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...