Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 18 Sep 2020 - 16:11:11 WIB
Bagikan Berita ini :

MTQ Nasional XXVII di Sumbar Terancam Ditunda, Guspardi: Jika Belum Siap, Undur Saja

tscom_news_photo_1600420193.jpeg
Masjid Raya Sumatera Barat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota DPR asal Sumatera Barat (Sumbar), Guspardi Gaus, mewanti-wanti agar agenda MTQ Nasional XXVII di Sumbar yang akan dilaksanakan di Kota Padang dan Padang Pariaman pada 12-21 November 2020 mendatang ditunda.

Hal itu karena mempertimbangkan perkembangan Covid-19 di Sumatera Barat yang saat masuk gelombang kedua. Namun jika kasus Covid-19 bisa ditekan, mantan ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat sepakat untuk dilanjutkan.

"Pengunduran sampai pandemi Covid-19 bisa diatasi dan Sumbar benar-benar siap sehingga momen yang sangat bersejarah ini tidak berlalu begitu saja dan Sumbar bersama masyarakat benar-benar mendapatkan manfaat yang luar biasa," kata Guspardi dalam keterangan tertulis, Jumat 18 September 2020.

Guspardi menuturkan, hingga saat ini nyaris tidak ada tanda-tanda akan diselenggarakannya MTQ di Sumatera Barat. Bahkan, kata Guspardi, umbul-umbul untuk menyambut datangnya MTQ pun tidak ada terpampang.

"Nyaris tidak ada spanduk, billboard, baliho, lampu dekorasi, monumen, yang dipersiapkan secara khusus untuk itu yang kita temukan. Di Masjid Raya Sumbar yang menjadi mimbar utama penyelenggaraan MTQ XIII juga belum ada tanda-tanda akan diselenggarakan momen yang bersejarah di lokasi ini," tuturnya.

Guspardi Gaus


Guspardi menyayangkan momen MTQ kali ini terancam untuk ditunda. Padahal, ini menjadi momen yang bersejarah. Pasalnya, Sumbar baru bisa menjadi tuan rumah MTQ Nasional setelah 37 tahun lalu.

"Jadi, kalau kita belum siap dengan kondisi yang ada, dan penyelenggaraannya juga tidak siar dan belum dapat membawa multy player effect bagi semua lapisan masyarakat, sebaiknya diundur saja pelaksanaannya," kata anggota Badan Legislasi DPR ini.

"Pemprov Sumbar mesti mempertimbangkan matang-matang soal ini dan berani menyampaikannya kepada pemerintah pusat," sambungnya menandaskan.

Sebelumnya, Koordinator Publikasi MTQ Nasional Sumbar Jasman Rizal, mengatakan MTQ Nasional XXVII di Sumatra Barat tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni pada 12-21 November 2020. Sejauh ini tidak ada rencana penundaan walau masa pandemi belum berakhir. Ia beralasan, panitia sudah merancang konsep acara MTQ sesuai dengan protokol kesehatan.

"Persiapan terus berjalan dan kita kan sudah merancangnya sesuai dengan protokol kesehatan," kata Jasman, Selasa (15/9).

tag: #mtq-nasional  #sumatera-barat  #covid-19  #guspardi-gaus  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Vera Febyanthy Bagikan Paket Lebaran di 3 Kabupaten

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 11 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengancam, Hari Raya Idul Fitri 1442 H pasti akan terasa berbeda. Tapi masyarakat harus tetap merasakan sukacita, meskipun sekadar ...
Berita

Bamsoet: Civitas Akademika Universitas Udayana Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Susun dan Tetapkan PPHN

BALI (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan civitas akademika Universitas Negeri Udayana agar MPR RI kembali memiliki kewenangan menyusun dan menetapkan Pokok-Pokok ...