Oleh Alfin Pulungan pada hari Rabu, 23 Sep 2020 - 09:23:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Sidang PBB ke-75, Jokowi Tegaskan Dukungan Indonesia untuk Palestina

tscom_news_photo_1600827725.jpeg
Ilustrasi Presiden Jokowi dan negara Palestina (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia tak berubah sikap atas dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina. Hal itu ia sampaikan dalam Sidang Majelis Umum ke-75 Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar secara virtual, Rabu (23/9).

Dalam sidang tersebut, Jokowi menuturkan Indonesia juga bertekad untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi. Menurutnya, Indonesia akan terus memainkan peran sebagai “bridge builder” sebagai bagian dari solusi.

"Komitmen ini terus dijalani Indonesia, termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB. Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak, tanpa meninggalkan satu negara pun. ‘No one, no country should be left behind’," kata Jokowi.

Jokowi lantas mengungkapkan peran Bapak Bangsa Indonesia, Soekarno, yang menekankan persamaan derajat saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 yang kemudian menghasilkan Dasa Sila Bandung.

Presiden Joko Widodo tampil perdana menyampaikan pernyataan dalam Sidang Umum PBB ke-75 yang dilakukan secara virtual dan tatap muka, Rabu (23/9).


Hingga kini, kata Jokowi prinsip Dasa Sila Bandung masih sangat relevan, termasuk penyelesaian perselisihan secara damai, pemajuan kerja sama, dan penghormatan terhadap hukum internasional.

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina, untuk mendapatkan hak-haknya," tegas Jokowi.

Komitmen Indonesia terhadap perdamaian dunia tak hanya ditunjukkan melalui dukungan kemerdekaan Palestina. Menurut Jokowi, hal yang sama juga dilakukan di kawasan Asia Tenggara. Indonesia bersama negara ASEAN, kata Jokowi, akan terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Hal serupa pernah juga ditegaskan dalam hari jadinya ASEAN yang ke-53, pada 8 Agustus 2020 lalu. "Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik, melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," pungkas Jokowi.

tag: #palestina  #jokowi  #pbb  #internasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...