Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 26 Sep 2020 - 09:57:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemenperin Berencana Turunkan Pajak Mobil Baru, DPR: Mestinya Perkuat Komponen dan Suku Cadang Dalam Negeri

tscom_news_photo_1601089060.jpg
I Nyoman Parta Anggota komisi VI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta menilai, rencana Kementerian Perindustrian yang akan menurunkan pajak untuk mobil baru mestinya didasarkan pada kondisi perekonomian yang ada saat ini. Percuma pajak diturunkan jika daya beli masyarakat atau konsumen rendah.

"Kalau urusan penurunan pajak pembelian mobil baru pasti pro kontra karena pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) itu adalah pajak andalan provinsi di seluruh Indonesia. Namun kelebihannya adalah masyarakat dapat menikmati mobil baru dengan harga yang murah. Tapi apakah momennya pas, bukankah sekarang suasana pandemi, dimana terjadi penurunan daya beli yang sangat rendah," ujar Politikus PDI-P itu kepada wartawan, Sabtu (25/09/2020).

Menurutnya, industri otomotif harus ambil langkah inovasi jadi tidak melulu bertumpu pada relaksasi pajak saja.

"Bagaimana kondisi pandemi justru dimanfaatkan untuk memperkuat dan memperbanyak komponen-komponen yang dihasilkan di dalam negeri termasuk suku cadangnya," tandasnya.

Menurutnya, dengan memperkuat dan memanfaatkan komponen yang ada di dalam negeri justru dapat meminimalisir arus komponen dan suku cadang dari luar yang bisa membanjiri Indonesia nantinya.

"Sekaligus juga antisipasi terhadap adanya persediaan yang melimpah di luar negeri yang ketika pandemi berakhir akan di jual secara besar-besaran ke dalam negeri," tutupnya.

tag: #kementerian-perindustrian  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

23 Lansia Meninggal Setelah Divaksin Buatan Pfizer

Oleh
pada hari Sabtu, 16 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Setidaknya 23 orang Norwegia meninggal setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak berwenang pada hari Kamis ...
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Jumlah Nakes Minim, Pemerintah Diminta Beri Perhatian dan Insentif Lebih

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 16 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Tim Covid-19 Fraksi PKS Sukamta menyatakan, prihatin adanya lonjakan tiap hari jumlah pasien positif yang hadirkan rekor baru setiap harinya.  Setelah pada ...
Berita

WHO: Bukti Sudah Divaksin Bukan Syarat untuk Perjalanan Internasional

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Meski orang sudah divaksin, bukan berarti bebas bepergian. WHO bahkan tidak menyarankan bukti vaksinasi COVID-19 atau kekebalan sebagai syarat untuk perjalanan ...