Oleh Alfin Pulungan pada hari Senin, 28 Sep 2020 - 18:10:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Mau Nobar Film G30S PKI? Maaf, Polri Tak Mengizinkan

tscom_news_photo_1601291277.jpeg
Nobar Film G30S PKI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kepolisian RI menegaskan tak akan mengeluarkan izin bagi masyarakat yang hendak nonton bareng (nobar) film G30S PKI. Pasalnya, kegiatan itu bakal memicu keramaian sehingga berbahaya saat musim pandemi.

"Polri tidak akan mengeluarkan izin keramaian. Ingat keselamatan jiwa masyarakat itu yang pertama dan ini masih dalam pandemi Covid-19," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, (28/9).

Brigjen Awi Setiyono


Awi menambahkan, jika masih ada masyarakat yang ingin menonton, pihaknya meminta agar dilakukan secara masing-masing.

Mengenal isu boleh tidaknya menonton film besutan orde baru itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut menonton film G30S PKI hukumnya boleh.

"Pemerintah tidak melarang atau pun mewajibkan untuk nonton film G30 S PKI tersebut. Kalau pakai istilah hukum Islam mubah. Silakan saja," kata Mahfud Md yang dikutip dari cuitannya di akun Twitter resminya, @mohmahfudmd, Ahad, 27 September 2020.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menjelaskan, aktivitas yang berstatus hukum mubah tak menjadi masalah bila ingin dilakukan. Untuk itu, Mahfud meminta masyarakat tak perlu gaduh mempersoalkan film G30S PKI.

Mahfud bahkan mengatakan pemerintah tak melarang bagi televisi yang ingin menyiarkan film G30S PKI. Semua, kata dia, tergantung kepada pemegang hak siar.

"Tidak ada yang melarang nonton atau menayangkan di TV. Mau nonton di Youtube juga bisa kapan saja, tak usah nunggu bulan September. Semalam saya nonton lagi di YouTube. Dulu Menpen Yunus Yosfiyah juga tak melarang, tapi tidak mewajibkan," ujarnya.

tag: #g30s-pki  #polri  #mahfud-md  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...