Oleh Rihad pada hari Senin, 28 Sep 2020 - 22:03:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Biar Tanaman Sehat, Kementan Ajak Petani Pakai Donita

tscom_news_photo_1601305380.png
Ilustrawi petani (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kementerian Pertanian mendorong pengembangan aplikasi Dokter Tani Kita (Donita) untuk membantu petani mengendalikan serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Ditjen Perkebunan Kementan Sigit Wahyudi mengatakan bahwa aplikasi yang dapat digunakan pada ponsel berbasis android tersebut juga membantu petani untuk melaporkan gangguan OPT.

Dia mengatakan aplikasi Donita dibangun untuk memperkenalkan keberadaan dan tupoksi BBPPTP di Medan, khususnya dalam pengendalian OPT perkebunan. Dengan adanya aplikasi ini, layanan klinik tanaman BBPPTP Medan kepada masyarakat akan lebih mudah dan cepat.

“Dengan aplikasi Donita, setiap petani juga dapat langsung berkonsultasi kepada dokter tanaman di BBPPTP Medan tentang permasalahan OPT di kebunnya,” katanya melalui siaran pers, Senin (28/9/2020).

Meski demikian, dia menuturkan bahwa aplikasi Donita masih dalam tahap penyelesaian. Selagi merampungkan pengembangan aplikasi itu, pihaknya terus mensosialisasikan aplikasi itu kepada para petugas UPPT yang nantinya akan berkoordinasi langsung dengan petani.

“Pada saat aplikasi Donita selesai dibangun, diharapkan petugas UPPT dapat memperkenalkan aplikasi Donita kepada petani di daerah binaannya dan menjelaskan manfaat dari aplikasi tersebut,” katanya.

Dia menjelaskan, pengembangan aplikasi ini memiliki lima indikator penting dalam upaya pengendalian OPT. Pertama, memudahkan akses untuk pengamatan OPT. Kedua, meningkatkan produktivitas pegawai.

Ketiga, meningkatkan efisiensi kolaborasi internal. Keempat, peningkatan kecepatan sharing informasi. Kelima, mempercepat pengambilan tindakan yang diperlukan. Keenam, menjaga Keamanan Data dan Sebagai Data Bank

“Aplikasi berbasis online ini dapat memudahkan seluruh instansi yang saling terkait untuk saling berkolaborasi ataupun berkoordinasi mengenai laporan OPT. petugas antar instansi juga dapat saling berbagi informasi melalui sistem ini,” tuturnya.

Dia mengharapkan kedepannya aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan, sehingga data dari lapangan bisa langsung sampai ke pusat dengan cepat dan akurat.

tag: #kementerian-pertanian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement