Oleh Rihad pada hari Jumat, 02 Okt 2020 - 05:34:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Hutama Karya Sedang Kaji Divestasi Ruas Tol Sumatera

tscom_news_photo_1601591697.png
Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto mengemukakan rencana perseroan melakukan divestasi ruas tol. Sejumlah konsesi ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang belum lama beroperasi, bakal ditawarkan ke pihak lain. "Saat ini kita sedang melakukan kajian untuk melakukan divestasi sebagian dari konsesi kami dari ruas-ruas yang sudah beroperasi," ujarnya dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (1/10/20).

Ia mengajukan kepada pemerintah dan DPR untuk memperpanjang masa konsesi. Dengan kondisi kelayakan finansial di tol Sumatera saat ini, ia mengajukan konsesi sampai 100 tahun. "Kemudian nanti akan kami lakukan divestasi hanya sementara, misalnya sampai 30 tahun di beberapa ruas kami pindahkan konsesinya ke pihak ketiga untuk kami mendapatkan fresh money. Kemudian kami gunakan untuk menutup pinjaman dan membangun ruas-ruas baru," ucapnya.

Dia menyebut, potensi investor melirik tol milik HK cukup tinggi. Beberapa tol yang bakal didivestasi di antaranya ruas Bakauheni-Palembang dan Pekanbaru-Dumai. "Ini ruas yang menarik. Karena di Bakauheni-Palembang ini kan hampir dekat Jakarta, kemudian juga ada pelabuhan, kemudian lahannya masih murah. Sehingga saya kira sangat menarik bagi investor karena bisa dikembangkan ke beberapa bisnis yang lain seperti kawasan Industri dan juga wisata," katanya.

"Kemudian juga Pekanbaru-Dumai ini kita tahu pelabuhannya cukup bagus juga, laut dalam, dan langsung berhadapan dengan selat Malaka. Jadi saya kira ruas ruas ini menarik bagi investor," lanjutnya.

Porsi divestasinya akan tergantung kepada hasil kajian dan negosiasi perpanjangan masa konsesi. Dia memberikan ilustrasi, jika konsesi yang didapatkan HK 70 tahun, maka pihaknya akan melepas 30 tahun konsesi untuk divestasi.

"Sehingga setelah 30 tahun, kepemilikan itu masih tetap di Hutama Karya. Jadi setelah 30 tahun nanti pendapatan akan masuk ke Hutama Karya. Dari 30 tahun ini kita harapkan bisa menutup pinjaman dan kemudian bisa kita gunakan membangun jalur jalur baru ke depan," tuturnya.

Dia berharap hasil kajian dari konsultan segera rampung sehingga tahapan divestasi bisa segera dilakukan. Dia menargetkan pada akhir 2020 ini sudah bisa melakukan penawaran kepada investor .

Selain divestasi, terdapat sejumlah opsi pendanaan bagi HK. Salah satunya yakni dari PMN sebesar Rp 27 triliun. Selain itu, pendanaan lainnya bersumber dari utang.

"Ada pinjaman dari perbankan lokal. Kami sudah global bond 600 juta yang ini adalah merupakan bagian dari 1,5 miliar dolar. Kemudian kami juga sudah melakukan sekurisasi tol di JORR S, dan akses Tanjung Priok sebesar Rp11 triliun sudah kami gunakan untuk di Sumatera juga dan ada dukungan dari pemerintah sepanjang 80 kilometer senilai Rp 11 triliun," urainya.

Kebutuhan dana untuk membangun Tol Trans Sumatera tahap pertama 1.156 km total biayanya Rp 163,9 T. Saat ini dari ekuitas sudah ada Rp 54,2 T, dari pinjaman juga ada Rp 34 T. "Sisanya akan dipenuhi dari pinjaman perbankan dan juga dari dukungan pemerintah," ungkapnya.

tag: #hutama-karya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement