Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 02 Okt 2020 - 11:41:21 WIB
Bagikan Berita ini :

PAN Yakin Partai Baru Amien Rais Tak Bakal Laku 

tscom_news_photo_1601613440.jpg
Amien Rais saat mengumumkan partai barunya; Partai Ummat melalui siaran YouTube Amien Rais Official, Kamis, 1 Oktober 2020. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, yakin Partai Ummat yang baru dibentuk eks petinggi PAN Amien Rais tak bakal dilirik oleh kader-kader PAN saat ini. Artinya, partai yang mengusung asas Rahmatan lil Alamin itu tak akan laku.

"Jika ada anggota yang keluar dari PAN dan ikut Partai Ummat, itu hanya sebagian kecil saja. Tidak signifikan," kata Viva dalam keterangan tertulis, Kamis, 1 Oktober 2020.

Viva pun membuktikan klaimnya itu bahwa sampai saat ini tidak ada satupun anggota legislatif, baik di DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota maupun kader PAN di lembaga eksekutif yang menyatakan akan bergabung dengan Partai Ummat.

Dengan berdirinya Partai Ummat, Amien Rais pun otomatis resmi bukan lagi kader PAN. Bahkan, Viva menegaskan, Amien tak lagi identik dengan PAN. "Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN," ujarnya.

Meski begitu, Viva mengapresiasi berdirinya partai yang digagas mantan seniornya itu. Alasannya, meski asas Partai Ummat lebih condong ke agama Islam, namun partai tersebut tetap berhaluan nasionalis.

"PAN berideologi Nasionalis-Religius, Partai Ummat itu partai Islam.Perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Amien Rais resmi mengumumkan nama partai baru yang dibentuknya.

Pengumuman nama partai baru tersebut disampaikan Amien melalui akun YouTube "Amien Rais Official" pada Kamis (1/10/2020).

"Partai Ummat insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," kata Amien.

Meski bernafaskan Islam, Amien menyebut Partai Ummat akan bekerja dan berjuang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan aturan demokrasi.

tag: #amien-rais  #partai-ummat  #pan  #parpol  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement