Oleh Rihad pada hari Rabu, 14 Okt 2020 - 23:51:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemendag Dorong Ekspor di tengah Pandemi Lewat Pendampingan

tscom_news_photo_1602694319.png
Ilustrasi ekspor kopi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pelaku usaha asal Jawa Timur (Jatim) berhasil melakukan ekspor perdana secara mandiri di tengah kondisi ketidakpastian global akibat pandemi COVID-19. “Keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen kuat serta kerja keras pelaku usaha. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi pelaku usaha Indonesia lainnya untuk memperluas jangkauan produknya ke pasar global,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, di Jakarta, Rabu.

Pelaku usaha tersebut yaitu PT Demapra Mega Perkasa yang mengekspor produk kopi arabika sebanyak satu kontainer senilai 106 ribu dolar AS ke Amerika Serikat dan CV Hortindo Agrokencana dengan produk ubi beku senilai 35 ribu dolar AS ke Jepang.

Mendag menyatakan capaian ini merupakan hasil menggembirakan dari partisipasi keduanya pada program pendampingan ekspor yang diselenggarakan Kemendag melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI), Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim.

Sementara itu Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemedag Kasan menyampaikan program pendampingan ekspor merupakan kegiatan pembinaan UKM selama setahun.

Program ini dikhususkan bagi para pelaku usaha yang telah mendaftarkan diri dan memperoleh rekomendasi dari dinas yang membidangi urusan perdagangan di masing-masing daerah.

Para peserta memperoleh pengetahuan ekspor secara komprehensif dan memiliki kesempatan menjalin jaringan dalam perdagangan internasional. Program pendampingan eksportir ini sendiri telah berlangsung sejak 2010.

“Pada program tersebut pelaku usaha mendapat bimbingan mengenai tata cara ekspor dan informasi mengenai negara tujuan ekspor. Di samping itu para peserta dapat membuka peluang di negara tujuan ekspor didampingi praktisi pelaku ekspor,” ujar Kasan.

tag: #kementerian-perdagangan  #ekspor  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement