Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 15 Okt 2020 - 12:33:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Membaca Dinamika Politik Sepulang Menhan Prabowo Dari AS, Ujang: Gak Banyak Berubah

tscom_news_photo_1602740032.jpg
Markas Pentagon di Amerika Serikat (Ilustrasi) (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan, dinamika politik ditanah air tidak akan banyak berubah pasca kepulangan Menhan Prabowo Subianto dari Amerika Serikat nanti.

"Pasca Prabowo datang dari AS. Perpolitikan Indonesia tak akan terlalu banyak berubah. Politik kepentingan dan pragmatisme yang dikembangkan," kata Ujang saat dihubungi wartawan, Kamis (15/10/2020).

Ujang justru melihat kunjungan Prabowo tersebut sebagai bagian dari upaya Prabowo untuk meminta dukungan politik global demi kepentingan politik di 2024 nanti.

"Prabowo sebagai capres di 2024 butuh dukungan AS, China, dan negara2 lain. Oleh karena itu, Prabowo tentu kedepan akan banyak roadshow keluar negeri. Untuk mendapatkan dukungan politik dari banyak negara," katanya.

Saat ditanya apa perbedaan kunjugan Prabowo ke Amerika Serikat dengan eks Menlu AS Henry Kissinger ke Jakarta di era rezim Orba dimana tidak lama berselang Timor Timur jadi area pertempuran pasukan Indonesia dengan Freetelin yang berhaluan komunis, Ujang justru melihat kunjungan Prabowo sudah direncanakan jauh hari oleh timnya. Tak lebih dari itu.

"Soal diundang kan bisa ada loby-loby dulu dari tim Prabowo.
Untuk mendapatkan visa AS saja pasti itu ada loby-loby tim Prabowo ke AS," kata dia.

Adapun jika dikaitkan dengan konteks geopolitik saat ini dimana adanya persaingan keras antara AS dan China, Ujang menilai, Prabowo justru berharap dukungan dari kedua negara adidaya tersebut.

"Prabowo ingin dapat dukungan AS dan China. Ingin dapat keduanya. Dapat dukungan politik kedua negara tersebut. Kita tak bisa lepas dari kedua negara tersebut," tutupnya.

tag: #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...