Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 16 Okt 2020 - 10:38:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Petuah Terawan: Cuci Tangan yang Bersih Bisa Selamatkan Nyawa 

tscom_news_photo_1602819492.jpg
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya mengeluarkan petuah untuk masyarakat terkait pencegahan Covid-19. Ia mengingatkan pentingnya mencuci tangan untuk menjaga kesehatan selama wabah berlangsung.

Menurut Terawan, kondisi tangan yang bersih dapat menyelamatkan nyawa manusia dari ancaman Covid-19.

"Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya," kata Terawan, dikutip dari siaran pers Kemenkes, Jumat, 16 Oktober 2020.

Terawan meminta semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran virus korona serta penyakit menular lainnya.

Ia juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di daerahnya masing-masing.

"Pemerintah daerah agar menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya," tuturnya.

Untuk menggalakkan rutinitas cuci tangan, Terawan meminta semua mitra pemerintah menyediakan fasilitas mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing, termasuk di lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya.

Kemenkes berencana akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, solusi pengendalian Covid-19 yang utama saat ini adalah penerapan protokol kesehatan.

Wiku mengungkapkan, penerapan protokol kesehatan secara disiplin dalam sebuah masyarakat dapat menurunkan risiko penularan hingga 85 persen.

"Kami mohon seluruh masyarakat di Indonesia betul-betul memahami kondisi pandemi Covid-19 sambil mengubah perilaku. Memastikan kita bisa bertahan menghadapi Covid-19 ini dan menunggu penyiapan program vaksinasi sehingga kita bisa terproteksi dengan berbagai cara," kata Wiku dalam konferensi pers daring pada Kamis (15/10).

tag: #terawan  #covid-19  #kesehatan  #kementerian-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...