Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 10 Nov 2020 - 10:17:53 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Jumlah Bantuan untuk UMKM

tscom_news_photo_1604978273.jpg
Nanang Samodra Politikus Partai Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintah diminta untuk meningkatkan besaran jumlah bantuan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Hal itu diperlukan lantaran telah terjadi penurunan kontribusi dari UMKM terhadap PDB nasional akibat pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI fraksi Partai Demokrat Nanang Samodra saat memberikan interupsi di dalam Rapat Paripurna DPR RI ke delapan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2020 - 2021, Senin, (9/11/2020).

"Sudah seharusnya besaran jumlah terhadap UMKM tersebut ditingkatkan. Sehingga bisa memberikan multiplier effect yang baik bagi kesejahteraan rakyat dan perekonomian bangsa," kata Politikus Demokrat itu.

Kemudian, kata Nanang sapaanya, hal tersebut juga harus sejalan dengan batas waktu penyaluran yang sampai awal November ini belum mencapai target yang diharapkan.

"Karena berdasarkan fakta di lapangan, ditemukan masih banyak kendala dalam proses pencairan anggaran yakni; mekanisme sosialisasi yang belum merata, sistem dari penyaluran bantuan tersebut yang belum cepat dan tepat, serta masalah persyaratan dari kriteria penerima bantuan yang tidak mudah," tegas Nanang.

Legislator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini mengingatkan, bahwa UMKM sedianya telah kontribusi besar terhadap PDB Nasional Indonesia.

"Kontribusi yang sudah diberikan oleh UMKM terhadap PDB Nasional Indonesia sebesar 57% ditahun 2018," tandas Nanang.

tag: #umkm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...