Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 12 Nov 2020 - 17:45:27 WIB
Bagikan Berita ini :

BPIP : Aktualisasi Nilai Pancasila Harus Dengan Pendekatan Yang Mudah Dipahami

tscom_news_photo_1605177844.jpg
Direktur Pengendalian Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mukhammad Fahrurozi ketika memberikan pemaparan dalam acara sosialisasi penguatan nilai nilai mutiara pancasila di kawasan perbatasan bersama BNPP, Kamis (12/11/2020). (Sumber foto : Teropong Senayan)

SAMBAS (TEROPONGSENAYAN) - Direktur Pengendalian Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mukhammad Fahrurozi mengatakan strategi dan cara mengaktualisasi nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari menjadi sangat penting.

Penanaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan sejak usia dini tentu dengan pendekatan yang mudah dipahami dan diaplikasikan oleh anak-anak.

"Pendekatan penanaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan sejak usia dini dengan pendekatan yang mudah dipahami dan dicerna antara lain contoh melalui dongeng anak yang berisikan nilai-nilai kebajikan dan kepahlawanan, cerita pendek , permainan tradisional, film-film pendek mempromosikan kearifan lokal, pembuatan karakter melalui film animasi" kata Fahrurozi dalam Sosialisasi Penguatan Nilai-nilai Mutiara Pancasila di Kawasan Perbatasan bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kamis (12/11/2020).

Fahrurozi juga menyatakan bahwa pendekatan lain yang bisa dilakukan dengan mengaplikasikan pancasila dengan mempelajari dan menghargai nilai-nilai kepahlawanan nasional kepada anak anak.

“Berkaca dari video viral dan uji pengenalan terhadap pahlawanan nasional dan tokoh nasional -banyak yang tidak mengenal, sementara para youtuber dan selegram anak-anak kita lebih mengenalnya. Hal ini menjadi miris bagi kita semua” ujar Fahrurozi.

Hal tersebut, selain untuk bisa menumbuhkan nilai pancasila itu bisa juga menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak anak dengan mengetahui Pahlawan Nasional dan tentu dapat melakukan secara tidak langsung mengaktualisasikan nilai Pancasila melalui keteladanan tokoh melalui Tindakan yang dilakukan.

"Terpenting saat ini adalah aktualisasi nilai pancasila yang dikedepankan dalam kehidupan sehari hari, agar bermanfaat bagi individu, keluarga, tetangga sekitar dan manfaat bagi negaranya.” ujarnya.

Selain itu, Fahrurozi juga menuturkan kalau menggali kebutuhan masyarakat terutama anak anak bisa melibatkan kearifan lokal contohnya seperti permainan tradisional yang dipunyai Indonesia.

"Kita harus memahami dan menggali apa yang dibutuhkan masyarakat terutama anak anak dan melibatkan kearifan lokal dan budaya supaya mudah dipahami," tuturnya.

Menutup pernyataanya, Fahrurozi menyebut cara membumikan pancasila adalah prioritas bagi generasi muda/penerus bangsa. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden untuk menyasar bagi generasi muda yang memiliki jumlah sekitar 129 juta dari penduduk Indonesia. Tentu melalui program giat yang menjadi minat/ interes bagi generasi muda seperti pembuatan film, kuliner, olahraga.

Untuk itu, ujar Fahrurozi saat ini BPIP sangat memperhatikan minat dan kebutuhan generasi milenial dengan melakukan kolaborasi giat yang meluas dengan kelompok-kelompok dan komunitas anak muda yang ada di masyarakat sebagai bagian pasukan pengendalian Pembinaan Ideologi Pancasila yang memiliki keanggotaan yang meluas di seluruh wilayah Indonesia seperti PPI, IPPNU, IPNU, IPM dan KB-PP Polri.

"Di era digitalisasi ini dan dalam masa pandemi Covid 19, kita bisa melakukan pendekatan dengan komunitas melalui pembuatan konten-konten positif untuk mengajak masyarakat berfikir kreatif dan membangun kebersamaan serta toleransi tanpa menyebarkan ujaran kebencian,” tutupnya.

tag: #bpip  #pancasila  #bnpp  #permainan-tradisional  #mukhammad-fahrurozi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Pertanda Bagus, Kasus Sembuh Capai Rekor Baru

Oleh Rihad
pada hari Minggu, 25 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Per Sabtu (24/7), Kementerian Kesehatan melaporkan kasus sembuh mendapat penambahan sebanyak 39.767 kasus. Ini merupakan rekor terbaru kasus kesembuhan di Indonesia. Saat ...
Berita

Windy Chantika Raih Perunggu dan Bonus Rp1,1 Miliar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, sukses meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Bonus pun menanti Windy Cantika usai mencapai kesuksesan ini. Berapa ...