Oleh Rihad pada hari Kamis, 19 Nov 2020 - 14:24:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Dr. Andrianto, Ketua Tim Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanggulangan COVID-19, Meninggal Dunia

tscom_news_photo_1605770661.png
Andrianto Purnawan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Andrianto Purnawan, dokter bedah saraf yang menjabat Ketua Tim Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanggulangan COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Andrianto Purnawan (38) meninggal dunia pada Rabu (18/11) di RS Soetomo, Surabaya. Andrianto meninggal karena COVID-19.

Andrianto meninggal Rabu (18/11) pukul 10.56 di RS Soetomo (Surabaya) setelah sekitar 15 hari dirawat karena COVID-19. Demikian pernyataan Humas Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Halik Malik, Kamis (19/11).

Saat ini sudah lebih dari 160 dokter yang gugur karena COVID-19. Sementara itu, data dari laporcovid.org menunjukkan, sebanyak 102 perawat dan 8 dokter gigi yang meninggal terpapar virus Sars-CoV-2 itu berdasar data per 19 November 2020.

Halik mengatakan, semasa hidup mendiang Andrianto dikenal sebagai sosok yang ramah dan ceria termasuk kepada para juniornya. Selama pandemi COVID-19, dia sempat beberapa kali bertemu dengan Andrianto.

"Sepanjang pandemi ini beberapa kali saya sempat bertemu dengan almarhum di kantor PB IDI, dokter TOP begitu beliau akrab kami sapa adalah sosok yang ramah dan ceria termasuk kepada saya yang lebih junior, bekerja dengannya membuat semua urusan rasanya lebih mudah," kata dia.

Andrianto yang aktif di Satuan Tugas Penanganan COVID-19 PB IDI, juga terlibat dalam penggalangan donasi APD dari berbagai pihak kepada dokter di daerah, melakukan edukasi kepada masyarakat antara lain melalui tulisannya di media dan mengisi serial diskusi online seputar pencegahan COVID-19.

"Sejak muda memang sudah dikenal sebagai aktivis di lembaga kesehatan mahasiswa Islam dan aktif dalam berbagai pelayanan sosial kebencanaan di Indonesia, sungguh kami merasa kepergiannya merupakan kehilangan yang sangat besar," demikian ungkap Halik.

Sebelum menjadi Ketua Tim Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanggulangan COVID-19 PB IDI, Andrianto yang mengambil spesialisasi bedah saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu tercatat sebagai anggota bidang hubungan lembaga pemerintah dan media massa PB IDI periode 2019-2021.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng Mohammad Faqih belum mengetahui apa penyebab utama Andrianto meninggal dunia. Ia menduga, Andrianto meninggal murni karena COVID-19. Pasalnya, Andrianto dikenal tidak memiliki komorbid tertentu. COVID-19 lah yang membuat paru-paru Andrianto semakin memburuk hingga harus menghembuskan nafas terakhirnya.

"Kemungkinan meninggalnya akibat kondisi pernafasannya. Selama ini saya tidak mendengar beliau punya komorbid," pungkas Daeng.

Pasien meninggal akibat COVID-19 di Indonesia total menjadi 15.503 orang per 18 November 2020. Jumlah ini naik 110 kasus dari data sehari sebelumnya. Per hari ini, Jawa Timur menjadi provinsi dengan kasus meninggal terbanyak, yaitu 27 orang. Sementara Jawa Tengah di urutan kedua dengan 18 pasien meninggal

tag: #covid-19  #dokter  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...