Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 20 Nov 2020 - 23:17:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Skema Pembayaran Utang Luar Negeri, Rizal Ramli: Semakin Parah

tscom_news_photo_1605889058.jpg
Rizal Ramli Ekonom Senior (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pakar ekonomi Rizal Ramli mengkritik cara pemerintah Joko Widodo (Jokowi) terkait skema pembayaran utang luar negeri. Sebab, Indonesia menerbitkan surat utang hanya untuk membayar bunga dari utang negara.

"Terbitkan surat utang (bonds), bunganya semakin mahal. Untuk bayar bunga utang saja, harus mengutang lagi. Semakin parah," sindir Rizal dalam keterangan resminya kepada awak media, Jumat (20/11).

Setelah praktik itu dilakukan, lanjut Rizal, Indonesia mulai mengganti siasat dalam membayar utang. Pemerintah meminjam uang ke pihak asing yang nilainya tidak besar hanya untuk membayar utang.

"Makanya mulai ganti stratetegi. Jadi pengemis utang bilateral dari satu negara ke negara lain, itu pun dapatnya recehan, itu yang bikin shock," tandas Rizal.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia mendapatkan tambahan utang baru dari Pemerintah Republik Federal Jerman sebesar 550 juta euro atau sekitar Rp 9,1 triliun.

Pemerintah mendapatkan pinjaman ini setelah Indonesia juga mendapatkan pinjaman utang dari Pemerintah Australia seniai 1,5 miliar dolar Australia atau sekitar Rp 15,4 triliun

tag: #utang-pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...