Oleh Givary Apriman pada hari Sabtu, 21 Nov 2020 - 21:36:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Megawati: Indonesia-Tiongkok Punya Takdir yang Sama

tscom_news_photo_1605969374.jpg
Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri memberi sambutan dalam forum Understanding China Conference 2020, Jumat (20/11/2020).  (Sumber foto : Humas BPIP)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan Indonesia dan Tiongkok memiliki kesamaan dari sisi sejarah. Hal itu ditunjukkan dari fakta historis bahwa kedua negara pernah merasakan pahitnya penjajahan, namun kemudian bangkit menjadi negara yang merdeka.

Hal itu dia sampaikan dalam Understanding China Conference 2020. Forum ini diselenggarakan secara daring oleh China Institute for Innovation and Development Strategy, Jumat (20/11).

"Indonesia dan Tiongkok adalah dua negara yang telah dipertemukan oleh takdir yang sama. Sebagai negara pernah terjajah yang berjuang dengan upaya sendiri untuk lepas dari penjajahan," kata Megawati.

Lebih lanjut Presiden ke-5 RI ini menilai dunia sedang melihat kebangkitan Tiongkok. Dalam pembangunan yang masif, pertumbuhan ekonomi yang cepat, serta keterlibatan aktif dalam percaturan dunia saat ini.

Megawati lantas memuji Tiongkok sebagai salah satu negara yang justru aktif memberikan bantuan termasuk ke Indonesia di masa pandemi Covid-19.

"Saat awal pandemi, dimana masing-masing negara sibuk dengan persoalan dalam negeri, Tiongkok terlebih dahulu memberi bantuan yang konstruktif," ujarnya.

Megawati mengapresiasi respons cepat Tiongkok dalam penanggulangan pandemi dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan. Berdasarkan sejarah, Megawati mengatakan, Tiongkok bukan negeri imperialis-ekspansionis, atau berusaha menaklukan negara lainnya.

"Sebaliknya, kekuatan Tiongkok di kancah global sejak zaman kerajaan mengedepankan kerja sama saling menguntungkan dan menghormati satu sama lain," ungkapnya.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini berharap, Tiongkok dalam kebangkitannya dapat terus menjaga jalan damai diplomasi. Dia pun mengajak dunia internasional dapat memaknai kebangkitan Tiongkok secara positif dan konstruktif.

"Memberi ruang besar bagi kerja sama global yang saling menguntungkan dengan semangat persaudaraan," pungkasnya.

tag: #china  #indonesia  #internasional  #megawati-soekarnoputri  #bpip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Daya Beli Masyarakat Masih Lemah, Legislator Demokrat Ini Sebut Kenaikan PPN Tidak Relevan

Oleh Bachtiar
pada hari Sabtu, 15 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI Didi Irawadi Syamsuddin menilai, rencana pemerintah melalui Kementerian Keuangan untuk menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) tahun depan ...
Berita

Diduga Penumpang Lakukan Swafoto, Perahu Oleng dan Tenggelam, 9 Orang Hilang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Perahu yang ditumpangi sekitar 20 orang wisatawan lokal mengalami kecelakaan dan tenggelam di Waduk Kedung Ombo, Dukuh Bulu Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu, Kabupaten ...