Oleh Rihad pada hari Selasa, 24 Nov 2020 - 21:17:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Dua Wanita Indonesia Tercatat di 100 Wanita Berpengaruh Versi BBC

tscom_news_photo_1606227457.png
Wanita Berpengaruh di Dunia (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dua wanita Indonesia masuk ke dalam 100 Wanita Berpengaruh versi BBC tahun 2020. Mereka adalah aktivis wanita Febfi Setyawati dan juru kampanye lingkungan Salsabila Khairunnisa.

Aktivitas Febfi di kegiatan sosial dimulai ketika putranya Haykal meninggal dunia karena kelainan saraf langka sindrom Moebius. Pada 2019, ia mendirikan komunitas untukteman.id, yang bertujuan untuk membantu mereka yang menderita penyakit dengan kesulitan keuangan, termasuk mereka yang terkena pandemi COVID-19.

Febfi dan timnya juga membantu mahasiswa di komunitasnya dengan menyediakan akses internet gratis dan perpustakaan keliling. Febfi melalui Instagram mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Saya masih tidak percaya mereka mencantumkan nama saya dalam daftar,” tulis Febfi.

Sementara Salsabila Khairunnisa menjadi aktivis lingkungan sejak muda. Pada usia 15 tahun, Salsabila ikut memprakarsai gerakan yang dipimpin pemuda Jaga Rimba yang bertujuan untuk memerangi deforestasi dan eksploitasi di Indonesia. Gerakan tersebut memperjuangkan komunitas Laman Kinipan di Kalimantan Tengah. Pada 2018, masyarakat terusir dari tanah mereka karena perusahaan kelapa sawit PT Sawit Mandiri Lestari (SML) mengklaim telah mendapatkan izin untuk mengelola lahan tersebut. Menurut petisi Jaga Rimba di change.org, penggusuran tersebut telah berdampak pada masyarakat serta fauna endemik di daerah tersebut, termasuk orangutan.

“Pandemi telah memberi kami kesadaran bahwa kami semua berada di bawah sistem patriarki-kapitalis yang sama yang ada untuk mencari keuntungan,” kata Salsabila kepada BBC. “Sudah waktunya bagi kita untuk berkumpul dalam solidaritas, dan memimpin pemulihan hijau dan adil.”

Pemilihan 100 Women adalah serial tahunan BBC yang menyoroti 100 wanita inspiratif dari berbagai latar belakang. Tema tahun ini adalah "Bagaimana Wanita Memimpin Perubahan pada 2020", dengan daftar yang mencakup ilmuwan, pakar kesehatan masyarakat, petugas kesehatan, politisi, aktor, arsitek, dan tokoh lainnya atas upaya mereka untuk meningkatkan kehidupan orang lain di komunitas mereka.

Selain Febfi dan Salsabila, BBC 100 Women 2020 juga menghadirkan tokoh-tokoh ternama seperti aktor Amerika Jane Fonda, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, aktor Malaysia Michelle Yeoh, aktor Pakistan Mahira Khan dan pembuat film Suriah Waad Al-Kateab.

Untuk pertama kalinya, BBC 100 Women 2020 mengosongkan peringkat ke-100 untuk memperingati semua wanita “yang memberikan pengaruh dan pengorbanan di tahun yang luar biasa ini”.

tag: #aktivis  #100-bbc-women  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Ambroncius Nababan Akhirnya Minta Maaf kepada Pigai, Warga Papua, dan Jokowi

Oleh
pada hari Selasa, 26 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Setelah mendapat kecaman berbagai pihak, Ambroncius Nababan memberikan klarifikasi terkait dugaan postingan rasisme terhadap Natalius Pigai. Ia menyebut, postingannya kepada ...
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Ragam

Saung Angklung Udjo, Dulu Jaya Kini Merana, Butuh Bantuan untuk Pertahankan Budaya

Oleh Rihad
pada hari Saturday, 23 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Saung Angklung Udjo kini merana. Ikon Kota Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia tersebut nyaris bangkrut. Hal tersebut diutarakan Budayawan yang juga merupakan Ketua Studiklub ...
Ragam

Mia, Pramugari Sriwijaya Air, Dimakamkan Tepat dengan Hari Cutinya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Jenazah Pramugari Sriwijaya Air Mia Tresentyana Wadu, 23, tiba di rumah duka di Jalan Tirta Gangga, Renon, Denpasar, Bali, Rabu sore (20/1). Mia menjadi korban kecelakaan ...