Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 02 Des 2020 - 17:44:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Himbara Belum Turunkan Suku Bunga Meski BI7DRR Sudah Turun Ke Angka 3,75%, Ini Kata DPR

tscom_news_photo_1606905835.JPG
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung turut angkat bicara mengenai Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) yang belum menurunkan suku bunga meski BI-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sudah turun ke angka 3,75%.

Martin mengatakan Himbara belum menurunkan suku bunganya karena memang kondisi yang terjadi saat ini akibat dampak pandemi Covid-19.

Pasalnya, situasi saat ini memang tengah serba sulit ditambah Bank-Bank BUMN sedang melakukan restrukturisasi kredit.

"Memang situasinya lg serba sulit, karena bank-bank BUMN jg sedang merestrukturisasi kredit akibat dampak Covid-19," kata Martin saat dihubungi Teropongsenayan.com, Rabu (02/12/2020).

Politisi Partai Nasdem tersebut juga menyatakan dengan melihat kondisi saat ini tanpa menurunkan suku bunga banyak pinjaman yang tidak dibebankan pembayaran.

"Jadi sebenarnya tanpa menurunkan suku bunga pun, banyak pinjaman yg sudah tidak dibebankan pembayaran bunga atau diberikan penangguhan," tandasnya.

Sebelumnya, pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 November 2020, BI memutuskan untuk menurunkan BI-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps dari 4,00% menjadi 3,75%.

Sejalan dengan itu, bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 4,50%.

"Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, beberapa waktu lalu.

tag: #martin-manurung  #komisi-vi-dpr  #dpr  #nasdem  #suku-bunga  #covid-19  #bank-himbara  #bank-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement