Oleh Rihad pada hari Selasa, 22 Des 2020 - 16:34:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Inilah Profil 6 Menteri Baru Pilihan Jokowi-Maruf Amin

tscom_news_photo_1608629644.png
Ilustrasi Jokowi-Ma'ruf Amin (Sumber foto : Ist)

Jakarta (TEROPONGSENAYAN)-Presiden Joko Widodo mengumumkan menteri baru, Selasa (22/12). Penunjukan menteri baru itu ia umumkan dalam konferensi pers yang dilaksanakan bersama dengan Wapres Ma"ruf Amin di Istana Selasa (22/12) sore ini. Tidak ada kejutan dari beberapa nama yang sudah beredar. Inilah profil menteri baru:

Tri Rismaharini, Menteri Sosial

Jokowi mengangkat Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara sesama kader PDIP yang tersangkut korupsi. Tri Risma, atau yang akrab disapa Risma lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961 adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai wali kota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015. Risma adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah. Risma juga tercatat sebagai wanita pertama yang dipilih langsung menjadi walikota kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia di era reformasi dan merupakan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)

Sandiaga menggantikan Wishnutama sebagai Menparekraf. Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Dia merupakan anak dari Razif Halik Uno dan Mien R. Uno.

Namanya ramai menjadi perbincangan masyarakat ketika ia memilih terjun ke dunia politik dan maju sebagai kandidat wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung oleh partai Gerindra bersama dengan Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Pada Agustus 2018, Sandiaga Uno dipilih sebagai calon wakil presiden 2019 oleh Prabowo Subianto yang maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Penunjukan Sandiaga sebagai calon wakil presiden ini membuat ia harus melepas jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan

Budi Gunadi menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Budi adalah seorang profesional yang banyak berlalu-lalang di dunia perbankan. Sepak terjangnya di perbankan membuatnya kerap disebut sebagai bankir senior.

Pada tahun 2006, Budi merapat ke bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Direktur Micro & Retail Banking. Di tahun 2013, ia diangkat menjadi Direktur Utama Bank Mandiri hingga 21 Maret 2016.

Ketika diangkat menjadi Wamen BUMN pada Oktober 2019 lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan, reputasi Budi sebagai bankir diharapkan dapat mengangkat BUMN lebih baik di kancah global.

Kini ia justru bertugas menangani Kementerian Kesehatan yang banyak mengelola dana penanganan Covid-19.

Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan

Sakti Wahyu Trenggono merupakan Wakil dari Menhan Prabowo Subianto. Lelaki ini merupakan jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Bina Nusantara (Binus).

Sakti Wahyu Trenggono merupakan orang yang pernah menjadi Relawan Jokowi di Pilpres 2019. Ia merupakan mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma"ruf Amin.

Yaqut Cholil Quoumas, Menteri Agama

Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975 merupakan putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa dan saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama. Gus Yaqut adalah tokoh muda Rembang.

Ia terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024 di daerah pemilihan Jawa Tengah X. Sebagai bagian dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Yaqut bertugas dalam Komisi II - Pemerintahan Dalam Negeri & Otonomi Daerah, Aparatur & Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan & Reforma Agraria.

M. Lutfi, Menteri Perdagangan

M Lutfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto yang baru setahun menjabat di pos tersebut. Luthfi bukan orang baru di lingkungan Kementerian Perdagangan. Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia pernah duduk di posisi yang sama untuk masa jabatan 14 Februari 2014-20 Oktober 2014. Ia juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Jepang dan Amerika.

tag: #reshuffle-kabinet  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...