Oleh Bachtiar pada hari Senin, 28 Des 2020 - 17:41:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Tegas, Anggota Komisi VI DPR ini Minta BPK Audit PTPN VIII

tscom_news_photo_1609152111.jpg
Herman Khaeron Politikus Partai Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron meminta lembaga audit keuangan negara atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk turun tangan melakukan audit secara menyeluruh terhadap BUMN perkebunan yakni PTPN VIII utamanya.

Hal tersebut disampaikan Herman saat menanggapi kisruh terkait lahan Megamendung antara PTPN VIII dengan FPI.

Herman menilai, BPK perlu masuk guna mengetahui sisi lain pengelolaan aset-aset yang dimiliki PTPN selama ini.

"Semestinya aparat penegak hukum ambil bagian persoalan ini. Saya juga meminta BPK untuk mengaudit seluruh asset PTPN VIII dan efektifitasnya. Karena ada momentum, ini kesempatan baik untuk BPK melakukan audit," tegas Politikus Partai Demokrat itu saat dihubungi wartawan, Senin (28/12/2020).

Lebih lanjut Herman mengungkapkan, ada 4000 ribu hektar lebih tanah PTPN VIII dikuasai masyarakat dan saat ini ribuan lainya terlantar.

"Kalau saat ini menjadi momentum penertiban, sebaiknya tertibkan seluruh tanah HGU PTPN. Saya sendiri sudah berulangkali meminta segera ada aksi koorporasi terkait hal ini, tapi memang BUMN ini sedang banyak masalah, terutama beban hutang yang besar," ungkapnya.

Herman menduga, terlantarnya lahan milik PTPN lebih dikarenakan managemen pengelolaannya kurang optimal. Ditambah kemungkinan adanya defisit keuangan.

"Saya kira karena terbatasnya kemampuan keuangan PTPN, dan tidak menutup kemungkinan juga adanya permainan oknum PTPN," kata dia.

Ia menyarankan agar sebaiknya seluruh tanah PTPN dikelola secara produktif, baik langsung maupun kerjasama dengan pihak lain.

"Batas-batasnya harus jelas dan tidak berkonflik dengan masyarakat," ujarnya.

Adapun terkait polemik yang terjadi di Megamendung, Herman mengingatkan agar BUMN perkebunan tersebut fokus pada tugas pokok dan fungsinya sesuai yang diamanatkan UU.

"PTPN harus mendudukan pada proporsinya, jangan ikut berpolitik, jika ada persetujuan para pihak, silahkan dapat diselesaikan dengan pola kerjasama," ujarnya.

Anggota DPR dari fraksi Partai Demokrat ini juga berjanji akan memanggil PTPN dimasa sidang berikutnya.

"Saya akan usulkan (PTPN dipanggil) dimasa sidang yang akan datang," tutupnya.

tag: #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...