Oleh Rihad pada hari Kamis, 31 Des 2020 - 15:12:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Malioboro Terapkan Buka Tutup, Padahal DPRD Minta Tutup Total

tscom_news_photo_1609402365.jpg
Suasana Malioboro (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah Kota Yogyakarta memutuskan untuk menerapkan sistem buka tutup di Jalan Malioboro pada malam tahun baru. Langkah itu dianggap solusi untuk mencegah kerumunan di Jalan Malioboro.

"Penutupan ada sifatnya situasional buka tutup, kalau itu padat ya kita tutup. Semua itu untuk menghindari orang mengakses Malioboro yang lebih banyak lagi," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti ditemui di Hotel Ibis, Yogyakarta, Rabu (30/12

Padahal baik DPRD Kota Yogyakarta maupun DPRD DIY telah menyarankan agar kawasan Malioboro ditutup untuk mencegah lonjakan kasus corona. Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menjelaskan semestinya Malioboro dan Tugu Pal Putih ditutup. Dia pun tak yakin Pemkot Yogyakarta bisa mengendalikan kerumunan. "Saya tidak yakin pemkot bisa mengendalikan kerumunan saat malam tahun baru, sebagaimana liburan kemarin yang akibatnya kita rasakan saat ini," kata Huda dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/12).

Huda menjelaskan saat ini rumah sakit sudah mulai penuh. Banyak warga yang kesulitan mendapatkan ruangan padahal mereka membutuhkan perawatan. "Mungkin nanti kalau ada lonjakan kasus perlu buat shelter perawatan di halaman Balai Kota Jogja, sepertinya masih cukup luas," katanya.

Lanjutnya, harus diakui saat ini kasus harian corona di DIY sudah sangat tinggi. Menurutnya separuh dari belasan ribu kasus konfirmasi positif di DIY terjadi dalam dua bulan terakhir.

"Khususnya akhir Desember ini luar biasa peningkatannya. Rata rata dua ratus lebih, bahkan kemarin sudah hampir tembus 300," katanya.

Dia pun mengapresiasi para bupati di DIY yaitu Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul yang menutup objek wisata di malam tahun baru.

"Saya sangat mengapresiasi rekan-rekan bupati yang menutup tempat wisata di malam tahun baru agar mengurangi kerumunan dan risiko tinggi," katanya.

4 Kabupaten Tutup Wisata

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menutup tempat wisata saat malam pergantian tahun. Penutupan itu menyasar empat kabupaten di DIY.

Penutupan itu tertuang dalam surat nomor 443/03734 tentang penutupan objek wisata pada malam pergantian tahun baru. Surat tertanggal 31 Desember yang diteken Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji ini ditujukan ke Bupati Sleman, Bupati Bantul, Bupati Gunungkidul dan Bupati Kulonprogo.

"Maka untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang dalam melaksanakan perayaan pergantian tahun baru 2021 di objek wisata perlu dilakukan pembatasan jam operasional objek wisata pada hari Kamis, tanggal 31 Desember 2020 sampai jam 18.00 WIB," tulis surat tersebut.

Tempat wisata di Sleman antara lain Agrowisata Bhumi Merapi, Lava Tour Merapi, The Lost World Castle, Taman Gardu Pandang Kaliurang, Merapi Park, candi Sambisari, dan Istana Ratu Boko. Sementara itu, tempat wisata di Bantul di antaranya Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Pandansari, dan Curug Pulosari.

Gunung Kidul juga memiliki pilihan beragam tempat wisata. Di antaranya, Gunung Ireng Patuk, Goa Jomblang, Gunung Bagus Paliyan. Gunung Api Purba Nglanggeran. Air terjun Luweng Sampang, dan Pantai Baron.

Seperti tiga kabupaten liian, Kulon Progo juga kaya pilihan tempat wisata. Di antaranya, air terjun Kedung Pedut, Kalibiru dan Pule Payung, goa Krebon Krembangan, Kebun teh Nglinggo, kebun bunga matahari pantai Glagah, dan hutan pinus Girimulyo.

tag: #covid-19  #yogyakarta  #tahun-baru  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...