Oleh Rihad pada hari Minggu, 10 Jan 2021 - 16:01:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Cara Membedakan Sakit Tenggorokan Biasa dengan Gejala Covid-19

tscom_news_photo_1610269229.png
Ilustrasi batuk (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Salah satu gejala Covid-19 yang dialami oleh banyak orang adalah sakit tenggorokan. Cuma apa bedanya sakit tenggorokan biasa dengan Covid?

Dikutip dari Best Life, tenggorokan gatal bisa karena alergi. Alergi membuat lendir atau sekresi hidung menumpuk di tenggorokan sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Jadi, jika Anda sering berdehem, bisa saja Anda sedang mengalami alergi, bukan terinfeksi virus corona. Selain sakit tenggorokan, alergi bisa menyebabkan gejala lainnya, seperti tenggorokan gatal, mata berair, bersin, dan hidung berair.

Gejala-gejala tersebut bisa cepat sembuh jika Anda mengonsumsi antihistamin dan menghindari sumber alergi. Namun, jika kondisi Anda tak membaik, bisa saja sakit tenggorokan yang Anda alami memang disebabkan oleh infeksi virus corona.

Kelenjar getah bening meradang

Sakit tenggorokan memang bisa menyebabkan kelenjar getah bening di leher membengkak, tapi bukan berarti jadi gejala infeksi Virus Corona.

Sakit tenggorokan memang bisa menyebabkan kelenjar getah bening di leher membengkak, tapi bukan berarti jadi gejala infeksi Virus Corona.

Anda tidak perlu panik secara berlebihan jika mendapati kelenjar getah bening di area leher meradang dan membengkak. Hal itu bisa karena infeksi bakteri sehingga menyebabkan strep throat.

Selain membuat kelenjar getah bening membengkak, strep throat juga membuat tenggorokan Anda sakit.

Tak hanya itu, strep throat juga menyebabkan munculnya bercak putih dan kemerahan di bagian belakang tenggorokan dekat dengan amandel. Bahkan, nanah juga bisa muncul di area tersebut karena strep throat.

Merasakan sensasi logam

Sakit tenggorokan juga mampu menimbulkan sensasi mengulum logam di mulut Anda. Menurut Best Life, hal itu bukan tanda infeksi virus corona, tapi gejala lain dari GERD.

Untuk menghindari GERD yang lebih parah, hentikan kebiasaan merokok, batasi konsumsi alkohol, dan hindari makanan berminyak dan mengandung kafein.

Gejala Covid-19 lainnya

Laporan gabungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan para peneliti China menunjukkan, hanya 13,9% pasien Covid-19 yang mengalami sakit tenggorokan. Hal itu menunjukkan, tidak semua sakit tenggorokan diasosiakan dengan infeksi virus corona.

Biasanya, sakit tenggorokan yang jadi gejala Covid-19 dibarengi dengan ciri-ciri lainnya, seperti demam, batuk kering, kelelahan, dan sesak napas.

Namun, jika Anda curiga dengan gejala yang Anda rasakan dan ingin benar-benar memastikan, cobalah untuk melakukan tes Covid-19 sebagai langkah pencegahan penularan ke orang lain.

tag: #batuk  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...