Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sunday, 17 Jan 2021 - 06:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Diminta Jangan Tebang Pilih dalam Menegakkan Protokoler Kesehatan

tscom_news_photo_1610817722.jpg
Syarief Hasan Wakil Ketua MPR (Sumber foto : Dokumen)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan, menyoroti efektifitas langkah Pemerintah dalam menangani Pandemi Covid-19. Pasalnya, jumlah kasus harian Covid-19 semakin besar dari hari ke hari dan belum ada potensi pelandaian kasus.

Menurutnya, kondisi ini memberikan indikasi kalau Pemerintah sungguh-sungguh harus lebih fokus memprioritaskan meningkatkan efektivitas kerja dalam menekan laju Pandemi Covid-19.

Memang, kasus harian positif Covid-19 di Indonesia kembali mencetak rekor tiga hari terakhir. Berdasarkan data dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan kenaikan kasus positif harian mencapai 12.818 kasus pada Jumat, (15/1/2021).

Angka ini adalah angka kasus harian tertinggi sejak Covid-19 masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020, sehingga total kasus menjadi 882.418 kasus dan 25.484 diantaranya meninggal dunia.

Angka ini juga menempatkan Indonesia pada peringkat 3 (tiga) negara dengan kasus positif tertinggi di benua Asia. Jumlah kasus ini juga melampaui kasus positif di China yang merupakan pusat awal Pandemi Covid-19.

Berdasarkan data dari Worldometers, jumlah kasus positif Covid-19 di China hanya 87.844 kasus dengan rata-rata kasus harian sebulan terakhir di bawah 10 kasus.

“Pemerintah seharusnya mampu menekan laju penyebaran Pandemi Covid-19 di Indonesia dengan berbagai sumber daya yang dikelola oleh Pemerintah. Apalagi, Pemerintah juga telah dibekali dengan anggaran yang sangat besar untuk penanganan dan penekanan laju Pandemi Covid-19," ungkap Syarief Hasan.

Data dari World Healt Organization (WHO) pun menunjukkan bahwa positivity rate Indonesia semakin tinggi. Perlu diketahui, positive rate adalah persentase kasus positif dibanding total kasus yang diperiksa. Positivity rate di Indonesia sangat tinggi yaitu 25,07 persen melampaui jauh positivity rate aman yang ditetapkan WHO yakni di bawah 5 persen.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini pun mendorong Pemerintah untuk menyelesaikan persoalan dengan pendekatan penyelesaian dari hulu ke hilir.

“Lebih baik fokus dulu dalam menghambat laju penyebaran Covid-19. Sebab, kondisi ini akan terus berpengaruh terhadap ekonomi, sosial dan sektor lainnya jika hulu masalahnya tidak diselesaikan," ungkap Syarief Hasan.

Ia juga menekankan agar Pemerintah menunjukkan ketegasan dan tidak pandang bulu dalam implementasi protokoler kesehatan.

“Banyaknya kasus disebabkan oleh karena kurangnya kepatuhan terhadap protokoler kesehatan. Pemerintah harus mengembalikan kepercayaan masyarakat dengan bersikap tegas tidak pilih kasih dalam implementasi New Normal," tegas Syarief Hasan.

tag: #partai-demokrat  #mpr  #syarief-hasan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...