Oleh Yoga pada hari Senin, 18 Jan 2021 - 11:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Guru Besar ITS ini Kembangkan Alat Deteksi Covid-19 Melalui Ketiak, Apa Namanya?

tscom_news_photo_1610942460.jpg
Profesor Riyanarto Sarno Guru Besar ITS (Batik Lengan Panjang) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Teknologi deteksi virus Covid – 19 semakin beragam. Setelah GeNose buatan Unviersitas Gadjah Mada (UGM) yang memakai sampel embusan napas.

Kini guru besar Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD mengembangkan sebuah inovasi alat pendeteksi Covid – 19 melalui bau ketiak.

Inovasi teknologi yang telah melalui tahap satu uji klinis itu diberi nama i-Nose C-19.
Alat tersebut bekerja dengan mengambil sampel bau keringat di ketiak atau axillary sweat odor, lalu diproses dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

“Keringat ketiak adalah non-infectious, yang berarti limbah maupun udara buangan i-nose c-19 tidak mengandung virus COVID – 19,” ungkap Prof Riyanarto, Minggu (17/01/2021).

Prof Riyanarto mengatakan bahwa alat tersebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknologi screening Covid -19 lainnya.

Di antaranya adalah sampling dan proses berada dalam satu alat, sehingga seseorang dapat langsung melihat hasil screening pada i-nose c-19. Hal ini tentunya menjamin proses dan hasil yang lebih cepat.

“I-nose c-19 juga dilengkapi fitur near-ield communication (NFC) sehingga pengisian data cukup dengan menempelkan e-KTP pada alat deteksi cepat Covid -19 ini,” ungkapnya.

Riyanarto mengatakan bahwa alat yang dibuatnya itersebut merupakan hasil penelitian selama tahun yang lalu di optimalkan sejak Maret 2019. Saat ini, pengembangan alat tersebut sudah uji klinis tahap satu.

“Ke depannya akan ditingkatkan lagi data sampling-nya untuk izin edar dan dapat dikomersialkan ke masyarakat,” ungkap Prof Riyanarto.

Sekedar informasi, Alat tersebut diklaim bahwa alat tersebut merupakan inovasi pertama di dunia yang mendeteksi Covid – 19 dari bau keringat ketiak.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...