Oleh Rihad pada hari Selasa, 19 Jan 2021 - 22:08:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Mengapa Virus Covid-19 Bisa Ditemukan di Es Krim?

tscom_news_photo_1611068936.jpeg
Ilustrasi es krim (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)+

Heboh berita beberapa waktu lalu, ternyata virus corona terdeteksi pada sampel es krim Tianjin Daqiaodao di China utara. Hal itu menimbulkan pertanyaan mengapa bisa virus bisa bertahan lama di sana?

Ahli virologi di University Leeds, Stephen Griffin mengatakan masyarakat tak perlu panik. "Kemungkinan besar ini adalah akibat dari masalah dengan pabrik produksi, akibat menurunkannya tingkat kebersihan di pabrik," kata dia kepada Sky News.

Menurut dia, suhu dingin tempat penyimpanan es krim dan kandungan lemak dalam es krim membuat virus bertahan pada sampel yang diambil.

Investigasi epidemiologi, seperti dikutip dari laman Independent, menunjukkan produsen es krim menggunakan bahan baku, termasuk susu bubuk yang diimpor dari Selandia Baru dan bubuk whey dari Ukraina.

Otoritas anti-epidemi di Tianjin mengatakan dari 4.836 kotak es krim yang terkontaminasi COVID-19, sekitar 2.089 telah berhasil disegel dalam penyimpanan.

Sekitar 935 dari 2.747 kotak es krim yang masuk pasar masih berada di Tianjin pada saat hasil tes sampel menunjukkan positif dan sebanyak 65 yang sudah terjual.

Pemerintah kota telah menghubungi otoritas regulasi di provinsi tempat es krim dikirim.

Sementara itu, pejabat Tianjin telah mengambil tindakan untuk mendesinfeksi pabrik produksi dan menginstruksikan penduduk lokal yang mungkin telah membeli es krim untuk melapor ke badan medis di dekat tempat tinggal atau komunitas mereka.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Bisnis

Terungkap, Ternyata Inilah Asal Muasal Rencana Pembukaan Investasi Miras

Oleh
pada hari Selasa, 02 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan awal mula usul untuk membuka investasi minuman keras (miras) atau minuman beralkohol sebelum ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Ragam

Pengda JMSI Sumbar Bakal Adakan Raker Perdana

Oleh Ariful Hakim
pada hari Rabu, 03 Mar 2021
JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Sumatera Barat periode 2020 - 2025 bakal menyelenggarakan rapat kerja (Raker) pertama di Daima Hotel ...
Ragam

Pelaku Seni Minta Izin Jokowi untuk Memulai Kegiatan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pelaku seni menyampaikan surat terbuka untuk Presiden Jokowi dan berharap bisa beraktivitas lagi. Pekerja seni dan industri pertunjukan kini mencoba meminta restu Presiden ...