Oleh Rihad pada hari Selasa, 19 Jan 2021 - 22:08:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Mengapa Virus Covid-19 Bisa Ditemukan di Es Krim?

tscom_news_photo_1611068936.jpeg
Ilustrasi es krim (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)+

Heboh berita beberapa waktu lalu, ternyata virus corona terdeteksi pada sampel es krim Tianjin Daqiaodao di China utara. Hal itu menimbulkan pertanyaan mengapa bisa virus bisa bertahan lama di sana?

Ahli virologi di University Leeds, Stephen Griffin mengatakan masyarakat tak perlu panik. "Kemungkinan besar ini adalah akibat dari masalah dengan pabrik produksi, akibat menurunkannya tingkat kebersihan di pabrik," kata dia kepada Sky News.

Menurut dia, suhu dingin tempat penyimpanan es krim dan kandungan lemak dalam es krim membuat virus bertahan pada sampel yang diambil.

Investigasi epidemiologi, seperti dikutip dari laman Independent, menunjukkan produsen es krim menggunakan bahan baku, termasuk susu bubuk yang diimpor dari Selandia Baru dan bubuk whey dari Ukraina.

Otoritas anti-epidemi di Tianjin mengatakan dari 4.836 kotak es krim yang terkontaminasi COVID-19, sekitar 2.089 telah berhasil disegel dalam penyimpanan.

Sekitar 935 dari 2.747 kotak es krim yang masuk pasar masih berada di Tianjin pada saat hasil tes sampel menunjukkan positif dan sebanyak 65 yang sudah terjual.

Pemerintah kota telah menghubungi otoritas regulasi di provinsi tempat es krim dikirim.

Sementara itu, pejabat Tianjin telah mengambil tindakan untuk mendesinfeksi pabrik produksi dan menginstruksikan penduduk lokal yang mungkin telah membeli es krim untuk melapor ke badan medis di dekat tempat tinggal atau komunitas mereka.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...