Oleh Yoga pada hari Rabu, 20 Jan 2021 - 11:14:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Fit and Proper Test Calon Kapolri Baru, Pengamat: Akan Berjalan Mulus

tscom_news_photo_1611116056.jpg
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri (Sumber foto : Istimewa)


(TEROPONGSENAYAN)- Komjen Listyo Sigit Prabowo hari ini, Rabu (20/01/2021) akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon tunggal Kapolri.

Hari ini pukul 10.00–12.00 WIB akan ada penjadwalan paparan dari calon Kapolri dari makalah yang telah dibuatnya dan diserahkan kepada Komisi III DPR serta akan mempresentasikan penjabaran visi misinya.

Kemudian akan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB dengan agenda pendalaman terkait visi-misi calon Kapolri yaitu dengan anggota Komisi III DPR RI akan mengajukan pertanyaan.

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin meyakini Komjen Listyo Prabowo akan melewati fit and propert test ini dengan mulus.

Pasalnya sejauh ini tidak ada suara-suara penolakan terhadap Sigit dari fraksi-fraksi yang ada di DPR.

“Kita tahu DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulus di DPR RI hingga nanti menjadi Kapolri baru,” ujar Ujang dalam channel Youtubenya, Rabu (20/01/2021).

Ujang juga meyakini bahwa, Listyo sebagai Kapolri baru nantinya akan menghadapi beberapa tantangan seperti tantangan dari internal ataupun eksternal.

“Tantangan pertama datang dari internal. Internal kepolisian harus diperbaiki da direformasi. Tidak hanya secara kelembagaan, tapi saya melihat banyak friksi, banyak office politiknya, banyak intik politiknya, jadi tantangan ini harus diselesaikan secara smooth dan elegan,” ungkapnya.

Tantangan berikut menurut Ujang datang dari eksternal. Sejumlah persoalan kebangsaan menanti untuk diselesaikan oleh Kapolri baru mulai dari persoalan keamanan, penegakan hukum yang banyak mendapat sorotan, ekstrimisme dan terorisme pelanggaran HAM, korupsi, dan lain-lain.

“Tantangan-tantangan ini perlu diselesaikan dengan baik oleh Kapolri baru sehingga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri bisa kembali pulih,” ungkap Ujang.

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Ilegal, Hinca Minta Polisi Bubarkan KLB

Oleh
pada hari Kamis, 04 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta, pihak kepolisian membubarkan acara kongres luar biasa (KLB).  Dikabarkan KLB akan dilaksanakan di ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Geram, Loyalis-loyalis AHY Sebut KLB di Sumut Abal-abal

Oleh Bachtiar
pada hari Jumat, 05 Mar 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sejumlah loyalis Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menganggap upaya Gerakan Pengambilalihan Kepimpinan Partai Demokrat (GPK PD) dengan mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) yang ...
Berita

Ini Pendapat Pakar Komunikasi Soal Diksi Benci Produk Luar Negeri yang Dilontarkan Presiden

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komunikolog Emrus Sihombing memandang, pernyataan Presiden Jokowi yang menggaungkan diksi benci produk luar negeri dapat dimaknai dari dua sisi.  Pertama, kata ...