Oleh Bachtiar pada hari Senin, 25 Jan 2021 - 10:41:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat ini Sarankan PDIP Untuk Non-aktifkan Kadernya yang Diisukan Dalam Kasus Bansos

tscom_news_photo_1611546100.jpg
Ujang Komarudin Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin memandang bahwa akan jauh lebih baik jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta kepada kadernya yang masih aktif bekerja di lembaga negara yang diisukan terkait kasus bansos, untuk fokus menyelesaikan persoalan itu.

Tak hanya meminta kadernya, Ujang juga menyarankan agar PDIP menjelaskan ke publik secara terbuka bahwa partainya tidak ada kaitannya dengan kasus bansos.

Demikian disampaikan Ujang saat menanggapi sejumlah kader PDIP seperti Herman Herry yang kini menjabat sebagai ketua komisi III DPR RI, Ihsan Yunus sebagai ketua komisi VIII DPR RI yang diisukan dengan kasus dugaan korupsi dana bansos yang menjerat eks Mensos Juliari Batubara.

"PDIP perlu menjelaskan agar tak ada tuduhan negatif ke PDIP. Demi menjaga marwah partai, mestinya di non aktifkan (kader PDIP yang diisukan terkait kasus bansos yang menjerat eks Mensos Juliari Batubara)" tandas Ujang kepada wartawan, Minggu (24/01/2021).

Adapun terkait kasus bansos itu sendiri, Ujang mengaku tidak terkejut dengan kasus-kasus korupsi semacam itu.

"Ini sudah bukan rahasia lagi. Sudah menjadi tabiat pejabat mengkorupsi dana bansos. Prinsipnya korupsi saja dana itu yang penting tak ketahuan. Jika ketahuan, itu resiko," kata Ujang.

Sebagai warga negara yang prihatin dengan kasus itu, Ujang berharap agar lembaga anti rasuah dapat menyelesaikan kasus tersebut hingga tuntas sampai ke akar-akarnya.

"KPK Profesional saja. Siapapun yang diduga terlibat ya harus diusut," tegasnya.

Jika berkaca pada kasus-kasus korupsi yang melibatkan lingkaran elit, Ujang mengaku pesimis kasus bansos yang menjerat eks Mensos Juliari Batubara itu bisa menjerat aktor-aktor lainnya.

"Sepertinya akan terputus hanya hingga Juliari. Banyak kasus-kasus korupsi yang tak tuntas dan tak bisa menyentuh ke pelaku paling atas. Atau tak bisa menyentuh yang kecipratan dana bansos di level paling tinggi. Harapannya KPK bisa mengusut kasus bansos hingga tuntas," pungkasnya.

tag: #bansos  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...