Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 01 Feb 2021 - 19:25:06 WIB
Bagikan Berita ini :

SBY Sebut Ada Polarisasi Tajam, TB Hasanuddin: TNI/Polri Kompak Jaga NKRI

tscom_news_photo_1612182306.jpg
TB Hasanuddin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin membantah, pernyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait polarisasi tajam serta permusuhan antara institusi TNI dan Polri.

Hasanuddin menilai polarisasi yang terjadi di Indonesia masih dalam tahap wajar dan harus dilihat secara faktual di lapangan.

"Di lingkungan TNI/Polri polarisasi mungkin ada tapi sifatnya sesaat. Dan ini biasanya terjadi saat ada pergantian pimpinan elit saja. Setelah itu biasanya reda dengan sendirinya, lalu kembali normal," kata Hasanuddin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (1/2/2021).

Ia memandang, seandainya ada isu terjadinya perselisihan antara TNI/Polri hal tersebut tak membuat kedua institusi itu terpecah.

"Kalau memang ada konflik atau perselisihan, saya kira tak sedalam itu lah. Baik TNI maupun Polri menurut hemat saya sudah cukup matang dan dewasa dalam memosisikan diri sebagai tentara dan polisi yang profesional," tuturnya.

Hasanuddin tak menampik adanya polarisasi di lingkungan pensiunan TNI dan Polri. Hal tersebut, kata dia, lumrah saja karena para pensiunan TNI dan Polri sekarang bebas menentukan aspirasi politiknya.

"Kalau dulu kan wajib mono loyalitas hanya kepada partai penguasa saja. Di era demokrasi seperti sekarang ini pensiunan bebas masuk partai mana pun. Dan inilah konsekuensi dari berdemokrasi. Tapi baik TNI maupun Polri aktif juga para purnawirawannya tetap kompak dan komitmen menjaga keutuhan NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945," tegasnya.

Sebelumnya soal polarisasi ini disinggung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam laman media sosialnya SBY mengatakan garis permusuhan ini pun bahkan telah menjangkiti di lingkaran persahabatan yang sudah terbangun lama termasuk lingkaran keluarga.

"Saya sungguh prihatin jika lingkaran tentara dan polisi yang harusnya jadi contoh persatuan dan persaudaraan kita sebagai bangsa juga tak bebas dari hawa permusuhan ini," tulis SBY dalam akun Twitter pribadinya, Minggu (31/1) malam.

tag: #tb-hasanuddin  #pdip  #susilo-bambang-yudhoyono-sby  #partai-demokrat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...