Oleh Ariful Hakim pada hari Minggu, 14 Feb 2021 - 09:59:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Dia Operator Seluler Terbaik di Indonesia

tscom_news_photo_1613271594.jpg
layanan telepon seluler (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Firma riset mobile analitik Opensignalmengumumkanoperator selulerterbaik di Indonesia, mulai urusan pengalaman kecepatan internet, ketersediaan4G, pengalaman menjajal video serta game.

Dalam laporan ini, Opensignal menganalisis pengalaman jaringan seluler Indonesia dengan melibatkan lima operator seluler, di antaranya Hutchison 3 Indonesia (Tri, Indosat, Smartfren, Telkomsel dan XL Axiata) selama 90 hari, mulai 1 Agustus 2020, baik secara nasional maupun di 28 kota terbesar di Indonesia.

Secara umum, Telkomsel masih memegang sebagian besar kategori yang diriset oleh Opensignal, yakni unggul berkaitan pengalaman video, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman kecepatan unggah, dan pengalaman cakupan 4G.

Kalau berbicara pengalaman bermain game dan pengalaman aplikasi suara, maka Hutchison 3 Indonesia (Tri) jadi jawaranya. Sementara, menyangkut ketersediaan 4G, Smartfren jadi yang pertama.

"Dengan empat penghargaan, Telkomsel kembali mendominasi penghargaan pengalaman jaringan seluler untuk Indonesia, memenangkan dua kali lipat jumlah penghargaan dari operator lain," kata Opensignal.

Kendati Telkomsel terdepan memberikan pengalaman video kepada para pelanggannya, Opensignal melihat bahwa operator seluler lainnya seiring berjalannya waktu menunjukkan ada peningkatan layanan tersebut. Misalnya, Indosat dan Tri kini peringkatnya dari semula Fair, maka kini sejajar dengan Telkomsel di level Good.

Opensignal menuturkan bila merujuk pada tabel penghargaan pengalaman jaringan seluler di Indonesia, satu-satunya perbedaan dibandingkan laporan pada Juli 2020, Tri telah melompat ke posisi terdepan soal pengalaman aplikasi suara, bahkan unggul juga di pengalaman bermain game.

Sementara itu, operator khusus 4G Smartfren, dikatakan Opensignal, telah membuat beberapa kemajuan. Hanya saja, hal tersebut belum cukup mengejar ketinggalan, terutama pada metrik kecepatan internet yang ditentukan Opensignal.

Pandemi virus Corona (COVID-19) yang menghentikan aktivitas secara fisik, kemudian beralih ke digital, turut menumbuhkan pengelaman seluler di Indonesia. Di samping itu semua, Opensignalmengatakan ada peningkatan dalam pengalaman jaringan seluler di Indonesia.

tag: #telkomsel  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement