Oleh Ariful Hakim pada hari Kamis, 18 Feb 2021 - 11:25:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Perbaikan Kualitas Udara Disinggung Anies di Forum Internasional

tscom_news_photo_1613622341.jpg
Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan mengatakan, pandemiCovid-19sedikitnya membawa keuntungan bagiJakartadalam perubahan. Dampak yang disoroti Anies adalah perbaikan kualitas udara dan volume kendaraan di jalan.

"Di sisi lain banyak kota dan penduduknya mengalami pengalaman langka. Apa itu? Udara bersih. Termasuk kami di sini di Jakarta," kataAniesdalam Forum C40 dihadiri pula Gubernur Tokyo, Yurike Koike, yang dikutip melalui channel Youtube Time to Act climate action, Kamis 18 Februari 2021.

Anies menuturkan, pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah penularan Covid secara perlahan mengubah kebiasaan warga dalam hal mobilitas. Jika sebelum pandemi kendaraan pribadi mendominasi jalan, saat ini sepeda menjadi transportasi alternatif.

Perubahan ini diakui Anies menjadi kontribusi kualitas udara sekaligus volume kendaraan. Sebab, penggunaan sepeda sebagai alat transportasi alternatif berdampak signifikan sebagai solusi kemacetan.

"Kami telah mendorong orang untuk mengubah pola pikir mereka tentang bersepeda dari olahraga atau hiburan menjadi transportasi. Ini adalah transformasi sederhana tetapi mengubah cara kita memandang bersepeda," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyampaikan komitmen Jakarta mencapai target bebas emisi bersih pada 2050 dan mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca.

"Dan Jakarta, kami telah belajar dari inisiatif yang datang dari berbagai kota global, kami telah belajar dari Tokyo, Paris, Brussel, Medellin, dan banyak kota lainnya," tandasAnies Basweda.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi DKIJakartaAnies Baswedandinobatkan sebagai salah satu pahlawan transportasi dalam 21 Heroes 2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Aniesbersama 20 orang lainnya, sepertiCEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk dan Wali Kota Paris Anne Hidalgo, terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Menurut Anies, pencapaian dalam 21 Heroes 2021 merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta sekaligus juga kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta merupakan bentuk dari partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

"Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi," kataAnies Baswedandalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/2/21).

Dalam dokumen resmi TUMI, disebutkan bahwa 21 Heroes 2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi atau pandemi dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...