Oleh Yoga pada hari Kamis, 18 Feb 2021 - 13:05:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Wapres Ma'ruf Resmikan Sentra Kreasi untuk Eks Pemulung di Bekasi

tscom_news_photo_1613628302.jpg
Ma'ruf Amin Wapres RI (saat resmikan pengembangan dan kewirausahaan bagi pemulung di Bekasi Jawa Barat, Kamis/16/02/2021) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Presiden Ma"ruf Amin meresmikan pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional bagi eks pemulung dan tunawisma di Bekasi.

Wapres mengatakan, Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi dibuat dengan tujuan meningkatkan kemampuan kewirausahaan dan memberikan lapangan kerja.

"Program Sentra Kreasi ATENSI dan rencana pembangunan rusunawa bagi eks pemulung dan tunawisma merupakan bagian dari upaya terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah dan pemerintah daerah di dalam memastikan pelayanan sosial dan memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara termasuk warga negara marjinal atau yang terlantar," tandas Ma"ruf dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Kemensos RI, Kamis (18/2/2021).

Peresmian ini merupakan kunjungan kerja pertama Ma"ruf Amin setelah divaksin COVID-19 pada Rabu kemarin. Ma"ruf Amin mengatakan dalam situasi pandemi Corona pemerintah mengeluarkan bantuan sosial.

"Pemerintah terus berupaya melaksanakan langkah interfensi antisipasi dan mitigasi terhadap dampak sosial akibat pandemi COVID-19. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan jaring perlindungan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial (Bansos) tunai, Kartu Sembako dan berbagai Bantuan Jaminan Sosial lainnya seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Prakerja serta program-program layanan sosial dari pemerintah daerah," ungkapnya.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut mendampingi Wapres ialah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam sambutannya mengatakan pendirian Sentra Kreasi Atensi juga dibarengi dengan renovasi

Melalui program ATENSI, warga terlantar dan rentan diberikan akses bekerja di perusahaan mitra Kemensos. Beberapa di antaranya bekerja di PT PP Properti Grand Kamala Lagoon, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., dan lembaga lainnya yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial.

"Kesempatan kerja yang diberikan bagi eks pemulung dan tuna wisma di perusahaan-perusahaan BUMN selayaknya diikuti oleh perusahaan swasta dan perusahaan BUMN lainnya," kata Ma"ruf Amin.

Selain itu, Kementerian Sosial telah melakukan perekaman data kependudukan bagi eks pemulung dan tunawisma yang belum memiliki KTP. Sebanyak 65 orang telah mendapatkan KTP.

Mereka juga didaftarkan rekening bank sebagai program kerja sama dengan Bank Mandiri. Sebanyak tujuh eks pemulung dan tunawisma telah mendapat ATM ATENSI dan 53 orang lainnya sedang dalam proses pembuatan rekening.

tag: #wapres  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...