Oleh Rihad pada hari Rabu, 24 Feb 2021 - 06:40:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Risma Akan Coba Lelang 9 Mobil, 27 Motor dan 50 Batang Emas

tscom_news_photo_1614123606.jpg
Mensos Tri Rismaharini (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau keberadaan barang hadiah, termasuk Rolls-Royce dan Mercedes-Benz, yang akan segera dilelang Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu korban bencana. Bu Risma menegaskan bahwa ia akan menempuh prosedur perundang-undangan, sebelum melakukan lelang barang tersebut. “Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Sudah pernah dilelang dulu, tetapi ketentuannya kan harus ada periode 6 bulan,” kata Bu Risma di Jakarta Selasa (23/2).

Ia mengatakan secara total akan ada sembilan mobil yang dilelang oleh Kementerian Sosial. Selain itu, ada pula 27 motor hingga 50 batang emas dengan harga yang bervariasi. Barang-barang ini didapatkan Kemensos dari undian yang tidak tertebak. Rolls Royce Ghost misalnya, didapat dari Batik Air pada 2016.

"Ya kita lelang umum itu harga perolehannya ini Rp 8,3 miliar harga perolehan saat tahun itu, nanti kita lihat hasil lelangnya

Kemensos melalui Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu sebelum melakukan lelang terhadap barang hadiah yang masih tersimpan di gudang. Barang-barang tersebut, termasuk beberapa unit mobil, merupakan hadiah tidak tertebak (HTT) atas penyelenggaraan undian gratis berhadiah yang digelar oleh pihak swasta.

Total terdapat lebih dari 300 item barang hadiah yang disimpan rapi Kemensos. Di antara barang-barang tersebut adalah mobil Rolls-Royce, dan Mercedes Benz.

Pernah Dilelang

Mobil Rolls-Royce milik Kemensos RI pernah dilelang dua kali, yaitu pada November 2019 dan Desember 2020. Namun, mobil Rolls-Royce dengan tipe Ghost 2012 ini belum laku dilelang atau dengan status Tidak Ada Penawar (TAP). "Jadi sampai saat ini kendaraan itu disimpan di Kementerian sosial," kata Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Kementerian Sosial (Kemensos) Hotman beberapa waktu lalu.

Hotman mengatakan, harga lelang untuk mobil Rolls-Royce pada November 2019 senilai Rp 6 miliar. Namun, kata dia, tidak ada penawar sehingga kembali dilelang pada Desember 2020 dengan harga Rp 3,6 miliar.

Sementara itu, untuk mobil Mercedes-Benz, Hotman mengatakan belum bisa menyampaikan tipe dan harga lelangnya karena mobil tersebut baru akan diusulkan untuk dilelang.

Lebih lanjut, Hotman mengatakan, Menteri Sosial Tri Rismaharini akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan untuk menaksir kembali harga lelang mobil Rolls-Royce.

Ia mengatakan, untuk mengajukan lelang, Kemensos harus kembali berkoordinasi dengan Kemenkeu. Sebab, sesuai aturannya ada jarak enam bulan untuk kembali melakukan lelang.

tag: #mensos  #tri-rismaharini  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...