Oleh Aditya AF pada hari Selasa, 02 Mar 2021 - 06:43:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Tunangan Khashoggi Tuntut Pangeran Saudi

tscom_news_photo_1614639987.jpeg
Tunangan Khashoggi Menuntut Pangeran Saudi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA ( TEROPONG SENAYAN ) -- Tunangan mendiang jurnalis Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz dan pelapor khusus untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuntut Washington untuk menjatuhkan hukuman ke putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) atas dugaan pembunuhan.

Seruan itu menyusul pernyataan Amerika Serikat sebelumnyayang mengumumkan laporan secara terbuka berdasarkan berkas intelijen AS bahwa putra mahkota berinisial MbS menyetujui pembunuhan Jamal Khashoggi

Presiden Joe Biden pun menyatakan bakal mengumumkan keputusan terkait Arab Saudi pada Senin (1/3/21). Tapi Amerika Serikat belum juga menjatuhkan sanksi terhadap pemimpin de facto Arab Saudi berusia 35 tahun tersebut.

"Sangat penting bahwa putra mahkota, yang memerintahkan pembunuhan brutal terhadap orang tak bersalah dan tak berdosa, harus segera dihukum," tulis tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz dikutip dari AFP.

"Ini tidak hanya akan mendatangkan keadilan yang kami cari untuk Jamal, melainkan juga bisa mencegah tindakan serupa berulang di masa depan," sambung dia.

Mestinya, ungkap Cengiz, usai kemunculan laporan tersebut maka tak ada lagi legitimasi politik bagi Putra Mahkota. Akan tetapi menurut dia, laporan AS itu tak terlalu berdampak.

"Kebenaran--yang sudah diketahui--telah terungkap sekali lagi, dan sekarang sudah dikonfirmasi," ungkap Cengiz.

"Namun ini tidak cukup. Karena kebenaran hanya bisa bermakna jika keadilan bisa dicapai," lanjut dia lagi.

Ungkapan itu lantas digaungkan di Jenewa oleh pelapor khusus PBB tentang eksekusi di luar hukum dan perlakuan sewenang-wenang.Pemerintah Saudi yang semula menyatakan tidak memiliki informasi tentang Khashoggi mengatakan bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.Tapi menganggap insiden itu sebagai operasi yang tidak melibatkan pangeran. Melalui sebuah pernyataan , Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan menolak sepenuhnya laporan AS yang diklasifikasikan sebagai berkas terbuka tersebut.

Khashoggi merupakan warga negara AS yang mengkritik Arab Saudi. Dia menuliskan kolom opini melalui Washington Post terkait kritik kebijakan MbS. Pada Oktober 2018 silam saat hendak mengurus dokumen pernikahannya dengan Cengiz, Khashoggi dibunuh dan dimutilasi anggota tim operasi yang diduga terkait pangeran di konsulat kerajaan di Istanbul.

tag: #arab-saudi  #pembunuhan  #joe-biden  #amerika-serikat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...