Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 02 Mar 2021 - 13:42:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Setahun Covid-19, Puan Maharani: Puskesmas Punya Peran Penting

tscom_news_photo_1614667376.jpg
Puan Maharani Politikus PDIP (Sumber foto : Jawapos)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan Puskesmas memegang peranan penting dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Puan saat merefleksi satu tahun setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus perdana Covid-19 pada 2 Maret 2020 lalu,

“Puskesmas menjadi ujung tombak pelaksanaan program vaksinasi Covid-19," ujar Puan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur Selasa (2/3/2021).

Menurut Politikus PDI Perjuangan ini, kecepatan program vaksinasi tergantung pada kesiapan puskesmas di seluruh Indonesia.

"Kita beruntung memiliki infrastruktur puskesmas yang andal. Seperti di Puskesmas Kabat ini, kita lihat proses vaksinasi berlangsung lancar. Tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmasnya sangat siap,” terang Puan.

Puan melanjutkan, Puskesmas adalah agen untuk menerapkan prinsip vaksinasi yang berkeadilan. Diketahui, prioritas daerah, situasi Covid-19 di daerah, kesiapan sarana dan prasarana penyimpanan vaksin dan penyelesaian target vaksinasi tahapan sebelumnya menjadi pertimbangan guna mencapai vaksinasi yang berkeadilan.

“Lewat Puskesmas, warga di desa-desa terjangkau vaksinasi sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi," ucap perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Kunjungan Puan ke Puskesmas Kabat merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Jatim. Selain melihat proses pelaksanaan vaksinasi, Puan juga berdialog dengan tenaga kesehatan Puskesmas Kabat. Salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan Puskesmas.

Banyuwangi telah menerima 34.140 dosis vaksin yang berarti setara 17.070 sasaran. Hingga kini, telah divaksin 11.000 sasaran, dan akan dituntaskan dalam pekan ini untuk mencapai 17.070 sasaran.

Adapun vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan pemerintah di semua Puskesmas.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...